Festival Mahakam 2007

Samarinda - Untuk kedelapan kalinya Kantor Pariwisata menggelar Festival Mahakam. Kegiatan yang digelar disepanjang tepian Mahakam dan terpusat di Dermaga Tepian Mahakam depan kantor Gubernur Kaltim akan berlangsung 3-4 November.

"Karena bersamaan dengan pelaksanaan event Pospenas, mudah-mudahan bisa menjadi suguhan menarik bagi kontinget se Indonesia. Tentunya panitia harus bisa bekerja kerja, dan para peserta juga harus bertanding secara sportif," ujar walikota Samarinda, Drs. H. Achmad Amins, MM terkait pelaksanaan Festival Mahakam yang rutin diselenggarakan tiap tahun ini.

Amins mengharapkan melalui festival rutin ini bisa memancing turis lokal maupun turis asing untuk berdatangan ke Samarinda maupun Kaltim umumnya. "Apalagi sekarang ini kita sedang kedatangan tamu dari seantero nusantara. Tidak melalui mereka, kita bisa selipkan promosi daerah yang bisa disampaikan kepada kerabatnya di daerah asal. Yang jelas harus bikin mereka kagum, jangan dibikin gaer (takut, red)," imbau Amins.

Kepala kantor Pariwisata, Seni dan Budaya Kota Samarinda Robby Hartono, menyebutkan Festival Mahakam setiap tahunnya selalu diramaikan dengan beberapa lomba tradisional yang sudah tak asing lagi dikalangan masyarakat Samarinda, seperti lomba renang menyeberangi sungai mahakam, lomba makanan/kue tradisional, lomba speed boat, lomba perahu ketinting dan parade band.

Sedangkan hiburan yang disuguhkan, lanjut Robby diantaranya parade drum band, parade motor, parade waria, atraksi barongsai dan atraksi kesenian daerah.

"Yang jelas ini akan menjadi tontonan menarik bagi warga tanpa dipungut bayaran. Silakan saja menyaksikannya sejak pagi, dan ajak keluarganya sekalian untuk lebih mengenal budaya kita,” pungkas Robby mengkahiri.

Sumber: www.sapos.co.id (2 November 2007)
-

Arsip Blog

Recent Posts