Festival Teluk Stabas X Dibuka

Balikbukit – Gubernur Lampung Sjachroedin Z.P. direncanakan membuka Festival Teluk Stabas (FTS) X di Lapangan Merdeka, Kelurahan Pasar Liwa, Kecamatan Balikbukit, Lampung Barat (Lambar), hari ini. Dalam festival yang berlangsung hingga Sabtu (11/8) mendatang ini akan digelar 17 kegiatan yang dilaksanakan di empat kecamatan. Yakni Sumberjaya, Balikbukit, Sukau, dan Pesisir Tengah.

Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Promosi, dan Investasi (PKPI) Lambar Gunawan Rasyid, S.H. mengatakan, kegiatan ini akan dihadiri sejumlah pejabat Pemprov Lampung, Pemkab dan DPRD Lambar, unsur muspida, serta undangan lainnya.

”Dalam pembukaan tersebut akan ditampilkan atraksi sakura, tarian massal, paramotor, atraksi spektakuler, dan pawai budaya,” kata Gunawan Rasyid.

Pada hari Rabu (8/8), lanjut Gunawan, akan digelar lomba nyambai, hadra, dan muayak di Lapangan Merdeka. Sedang jelajah alam Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS) dilaksanakan di Bumi Perkemahan (Buper) TNBBS.

”Kemudian ekshibisi arung jeram di Waybesai Kecamatan Sumberjaya, festival kapal motor hias, dan triathlon tradisional di Danau Ranau serta kontes burung berkicau diadakan di Lapangan Merdeka,” urai Gunawan.

Untuk hari Kamis (9/8), akan digelar lomba lagu Lampung dan upih ngesot yang dipusatkan di Lapangan Merdeka Liwa. Lalu, festival layang-layang dan lomba voli pantai di Labuhanjukung Kecamatan Pesisir Tengah.

Selanjutnya, hari Jumat-Sabtu (10-11/8) dilaksanakan lomba pacu kambing, olahraga tradisional kuda buta, lomba tari kreasi, dan lomba panjat damar di Pekon Pahmungan Krui, serta lomba khika tengguling.

”Kegiatan ini tidak hanya diikuti peserta dari Lambar, tapi juga dari daerah lain, seperti Kabupaten OKU Selatan, Sumatera Selatan, dan sejumlah turis asing,” katanya. (*)

Sumber: radarlampung.co.id (7 Agustus 2007)
-

Arsip Blog

Recent Posts