Jambi Berupaya Jaring 7.000 Wisatawan

Jambi - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi mengandalkan objek wisata alam dan budaya untuk menjaring sekitar 7.000 wistawan mancanegara pada Visit Indonesia Year 2008. Untuk itu, objek-objek wisata alam akan dibenahi, agar layak dijual di tingkat internasional.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Jambi, Dra Hj Mualimah MPd mengatakan hal itu pada wartawan di Jambi. Menurut dia, objek-objek wisata alam dan budaya yang memiliki potensi besar menarik kunjungan wisata ke daerah itu tersebar di Kabupaten Kerinci dan Muarojambi. Objek wisata alam di Kerinci yang layak dijual ke tingkat internasional adalah Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS), Danau Kerinci dan Gunung Kerinci. Sedangkan objek wisata alam dan budaya yang layak dijual di Kabupaten Muarojambi meliputi pesona Sungai Batanghari dan keanggunan situs purbakala Candi Muarojambi.

Mualimah menyebut, pihaknya menetapkan lima program unggulan wisata untuk menyambut Visit Indonesia Year 2008. Program tersebut meliputi Festival Candi Muarojambi yang digelar Juni dan Festival Danau Kerinci digelar Juli. Selain itu, kerja sama pemerintah setempat dengan para pengusaha hotel, restoran, biro perjalanan wisata dan transportasi ditingkatkan guna menjamin kenyamanan wisatawan.

"Dua lagi program wisata yang kita gelar di akhir tahun kunjungan wisata ini, yakni pergelaran Pesona Budaya Jambi dan Jambi Ekspo di Jakarta, Desember 2008. Jambi Ekspo ini digelar di Jakarta sebagai ajang promosi wisata Jambi ke tingkat nasional dan internasional," katanya.

Sumber: www.suarapembaruan.com (14 Februari 2008)
-

Arsip Blog

Recent Posts