Jambi Jadi Tuan Rumah DMDI

Jambi - Awal bulan September nanti, Jambi akan menjadi tuan rumah sebuah gelaran budaya melayu. Tanggal 3-5 September mendatang, festival budaya melayu dan Islam akan digelar di Ratu Convention Center. Diberi tema Dunia Melayu Dunia Islam (DMDI), acara yang diadakan oleh pemprov ini diikuti 10 kabupaten/kota di Jambi.

"Tapi selain daerah di Jambi sendiri, festival juga akan diikuti provinsi lain dan negara tetangga yang berbudaya melayu,"jelas Kadisbudpar Provinsi Jambi, Mualimah.

Beragam kegiatan akan meramaikan acara ini. Tentu saja paket-paket acara yang masuk dalam rumpun melayu. "Panitia juga akan menggelar pameran kebudayaan melayu dari masing-masing peserta festival," imbuhnya. Acara lain yang juga akan diadakan di festival itu di antaranya pelantikan pengurus DMDI Jambi, seminar dan penandatanganan MOU kerjasama pemerintah Jambi dan Malaysia dalam hal kebudayaan melayu.

Muallimah menambahkan, peserta juga diagendakan untuk mengunjungi beberapa situs kebudayaan di Jambi. Mereka akan dikenalkan pada peninggalan Melayu di Jambi. Peserta juga akan diajak untuk melakukan tur ke beberapa situs sejarah di Jambi. Candi Muarojambi jelas menjadi salah satu tujuan kunjungan, selain itu Museum Negeri Jambi dan Dekranasda juga masuk dalam jadwal kunjungan.

Mualimah juga mengatakan bahwa acara ini memiliki muatan moral cukup tinggi. Sebab diharapkan festival ini bisa mengembangkan kebudayaan melayu dan Jambi. "Secara khusus memang kami berharap ini bisa mengembangkan budaya Jambi sendiri,"pungkas Mualimah.

Sumber: www.jambiekspres.co.id (28 Agustus 2007)
-

Arsip Blog

Recent Posts