Kabupaten di Teluk Cenderawasih Perlu Gelar Festival Budaya

Jayapura - Kabupaten-kabupaten yang ada di kawasan Teluk Cenderawasih, Provinsi Papua, memiliki beraneka ragam tradisi dan budaya yang unik yang belum banyak diketahui wisatawan domestik maupun mancanegara, sehingga masyarakat di wilayah itu perlu menggelar festival budaya untuk menarik para wisatawan.

"Pesta budaya itu akan menampilkan tradisi dan budaya yang dimiliki suku-suku yang mendiami Teluk Cenderawasih," demikian dikemukakan Kepala Dinas Periwisata Provinsi Papua Elly Weror Kepada Antara di Jayapura, Senin (11/2).

Weror menilai, budaya yang dimiliki penduduk Papua yang mendiami Teluk Cenderawasih ini sangat beraneka ragam dan masing-masing suku memiliki ciri khas tersendiri.

Ia yakin apabila budaya-budaya tersebut bisa dipertunjukkan melalui pesta budaya, maka akan menarik wisatawan untuk berkunjung ke kawasan ini.

Menurutnya, pihak Dinas Pariwisata Provinsi Papua saat ini tengah berupaya mendekati pemerintah dan masyarakat kabupaten-kabupaten yang ada di kawasan Teluk Cenderawasih agar bersatu menyelenggaran pesta budaya.

Weror, berharap festival budaya kawasan Teluk Cenderawasih ini nantinya dapat diprogramkan sebagai kegiatan rutin yang bisa diselenggaran setiap tahun seperti Festifal budaya Lembah Beliem dan pesta budaya Asmat.

Selain budaya, kawasan Teluk Cebderawasih juga memiliki panorama alam yang sangat indah, namun selama ini belum dikembangkan secara profesional untuk dijadikan sebagai objek wisata andalan.

Kawasan ini juga memiliki potensi terumbu karang yang masih asli sehingga bisa dikembangkan sebagai obyek wisata bahari.

Kabupaten-Kabupaten yang ada di kawasan Teluk Cenderawasih adalah Kabupaten Yapen, Waropen, Nabire, Paniai, Biak Numfor, Supiori, dan Kabupaten Mamberamo Raya.

Sumber: www.mediaindonesia.com (13 Februari 2008)
-

Arsip Blog

Recent Posts