Kapal Pesiar dari Eropa Akan Singgahi Ambon

Ambon - Kapal pesiar dari eropa Saga Rose yang mengangkut sekitar 400 wisatawan dari berbagai negara akan menyinggahi Kota Ambon, awal Maret.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Ambon Jhon Sapthu, di Ambon, Selasa, mengatakan, kapal milik Saga Cruise Company itu merupakan satu dari 14 kapal pesiar yang akan berkunjung ke beberapa daerah di Indonesia seiring program Tahun Kunjungan Indonesia (VIY) 2008.

Dinas Pariwisata Kota Ambon, menurut Sapthu, saat ini melakukan berbagai persiapan, baik pertunjukan kesenian, melatih tenaga kerja di bidang pariwisata, dan memberdayakan masyarakat di daerah-daerah tujuan wisata.

Sebagai pintu pertama yang akan disinggahi kapal pesiar tersebut, dia mengatakan, Pelabuhan Yos Sudarso Ambon yang akan dijadikan sebagai tempat sandar kapal pesiar itu diharapkan siap sebagai pelabuhan pariwisata yang menjamin kenyamanan dan keamanan para turis selama berada di ibukota provinsi Maluku itu. "Pelabuhan Yos Sudarso harus dilengkapi dengan sarana dan fasilitas penunjang pariwisata," ujarnya.

General Manager PT Pelabuhan Indonesia IV Cabang Ambon, Surya Dharma Batubara, mengaku belum menerima pemberitahuan tentang rencana kedatangan kapal pesiar tersebut. Tapi, katanya, sebagai pelabuhan internasional, Pelabuhan Yos Sudarso Ambon siap menerima kedatangan kapal-kapal asing, baik kapal pengangkut barang maupun penumpang, termasuk kedatangan kapal pesiar.

Dengan panjang dermaga 500 meter dan kedalaman 12 meter, maka Pelabuhan Yos Sudarso Ambon sudah dapat disinggahi kapal pesiar, katanya, walaupun memang perlu perbaikan fasilitas umum lainnya yang ada di pelabuhan tersebut untuk kenyamanan wisatawan.

Selain ke Kota Ambon, kapal pesiar Saga Rose juga akan mengunjungi Pulam Banda, Kabupaten Maluku Tengah, yang terkenal dengan bangunan sejarah abad 17-18 yang hingga kini masih terawat dengan baik.

Sumber: www.mediaindonesia.com (23 Januari 2008)
-

Arsip Blog

Recent Posts