Kunjungan Wisatawan Batakan Mulai Normal

Pelaihari, Banjarmasin – Image objek wisata Pantai Batakan di Kecamatan Panyipatan mulai membaik. Terbukti jumlah wisatawan yang mengunjungi objek wisata andalan Kabupaten Tanah Laut (Tala) Banjarmasin ini meningkat.

Data di Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Tala, hingga Oktober lalu total kunjungan wisatawan di Batakan mencapai 21.115 orang. Namun angka ini masih jauh lebih rendah dibandingkan pada posisi yang sama tahun 2006 yang mencapai 59.856 orang.

Meski begitu, kunjungan wisatawan tiap bulannya rata-rata mencapai 3.000 orang. Beberapa bulan sebelumnya kurang 1.000 wisawatan.

Seperti diberitakan beberapa bulan lalu, kunjungan wisata di Pantai Batakan menurun drastis akibat parahnya kerusakan jalan utama (Pelaihari-Batakan). Kerusakan jalan akibat intensnya angkutan tambang galian batu gunung di Desa Tanjung Dewa Kecamatan Panyipatan dan angkutan bijih besi di Desa Sungai Riam Kecamatan Pelaihari.

Kerusakan baru saja diperbaiki oleh Dinas Kimpraswil Provensi dibantu oleh Pemerintah Kabupaten Tanah Laut. Lobang-lobang besar, seperti, di Desa Kuringkit kini mulus kembali terlapis aspal meski di beberapa titik mulai retak.

Beberapa titik sporadis lainnya di jalur Pelaihari-Desa Panyipatan juga telah diatasi meski hanya ditimbun dengan material Namun timbunan sepanjang ratusan meter di Panyipatan kembali terkoyak sehingga di titik ini masih sulit dilintasi. Begitu halnya beberapa titik di Desa Sungai Riam.

Ribuan wisawatan menyesaki Pantai Batakan yang sebagian besar adalah peserta Family Fun Rally 2007 Ikatan Dokter Indonesia (IDI). Mereka melintasi jalan alternatif menuju Batakan yakni melalui Desa Kuala Tambangan tembus Pantai Batu Lima dan Batakan. Kondisi jalan di jalur ini masih cukup nyaman atau mulus.

Rindo (25), pengunjung Pantai Batakan, mengatakan badannya cukup terasa pegal saat menuju Batakan melalui jalur Pelaihari-Batakan. "Jalannya masih banyak yang sulit dilalui. Saya pikir sudah nyaman, karena berita di koran-koran katanya sudah diperbaiki," keluh warga Banjarbaru ini.

Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya (Kadisparbud) Tanah Laut Syarifuddin berharap instansi teknis terkait lebih meningkatkan perhatian terhadap akses menuju Pantai Batakan, untuk mendukung sektor pariwisata.

Sumber: www.banjarmasinpost.co.id (20 November 2007)
-

Arsip Blog

Recent Posts