Kunjungan Wisatawan Indonesia ke Malaysia di Peringkat Ketiga

Padang - Wisatawan asal Indonesia kini menempati urutan ketiga dalam peringkat kunjungan wisata ke negara jiran Malaysia setelah Singapura, Thailand, dan terbanyak pada November dan Desember serta awal Januari.

“Wisatawan asal Indonesia yang berkunjung ke Malaysia kebanyakan memakai jasa biro perjalanan dan mengambil paket wisata khusus,” kata pemandu wisata di Malaysia, Ahmad Fauzi Bin Saagap, kepada sejumlah wisatawan Sumbar yang berkunjung ke Malaysia dan Thailand tanggal 3 hingga 7 Desember 2007.

Dia menyebutkan sedikitnya dalam setahun sebanyak 15 juta wisatawan mancanegara yakni Singapura, Thailand, Indonesia dan Cina berkunjung ke sejumlah obyek wisata di Malaysia.

Obyek wisata unggulan di Malaysia tersebut yakni Genting Highland yang dulu terkenal sebagai pusat judi terbesar namun kini menawarkan paket wisata keluarga dengan aneka jenis permainan.

Selain itu juga ada obyek wisata sejarah peninggalan Inggris berupa bangunan kuno, dan wilayah administratif Malaysia Putra Jaya sebagai pusat pemerintahan Malaysia dengan arsitektur khusus perpaduan Eropa dan Timur Tengah.

Menurut Suryati, pengusaha travel di Padang, tingkat kunjungan wisatawan terutama asal Sumbar tiap tahun terus meningkat terutama rombongan study tour terdiri dari kalangan mahasiswa, guru-guru dan pegawai.

“Rata-rata kunjungan tersebut meningkat pada akhir tahun dan ketika liburan sekolah pada Juni dan Agustus,” katanya.

Paket wisata ke Malaysia dan Thailand, kata Suryati dipatok Rp3 juta/orang termasuk biaya penginapan, makan, tiket pesawat dan sejumlah biaya lainnya.

Selain itu, katanya, juga banyak warga Sumbar yang berkunjung ke Malaysia untuk berobat ke sejumlah rumah sakit di negari jiran itu.

Sumber: Harian SIB (17 Desember 2007)
-

Arsip Blog

Recent Posts