Launching Visit Musi 2008 Bertabur Artis

Palembang - Launching program "Visit Musi 2008" pada 5 Januari 2008 dibikin spektakuler dari even besar yang sudah pernah diadakan di kota pempek ini. Setidaknya, seluruh rangkaian acara launching promo wisata, itu akan disaksikan jutaan manusia karena ditayangkan secara langsung (live) di RCTI mulai pukul 21.30 WIB. Jutaan "Memang sebelumnya kita belum berani memberikan informasi lebih karena masih dalam tahap pembahasan. Tetapi, saat ini semua masalah selesai, dan akan kita promosikan kepada masyarakat," ujar Helmi Yahya, event organizer (EO) launching Visit Musi usai membahas pemantapan pelaksanaan Visit Musi di ruang Bina Praja Sumsel.

Menurut Helmi, Visit Musi harus menjadi kebanggaan sendiri bagi masyarakat Sumatra Selatan (Sumsel). Apalagi, even akbar ini akan dihadiri juga oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan sejumlah menteri Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) serta para duta besar (dubes) sejumlah negara sahabat.

Ia mengatakan, acara kian spektakuler dengan mengambil venue Benteng Kuto Besak (BKB) dengan background Sungai Musi dan Jembatan Ampera, launching Visit Musi akan dimeriahkan banyak artis Ibu Kota papan atas. Di antaranya Nidji, Peterpan, Matta, Drive, Kapten, Dian HP Big Band, Gilang Ramadhan, Dewi Sandra, Rini Idol, Ikhsan Idol, dan Dewi Persik.

MC (master of ceremony) langsung Helmi Yahya. Ia didampingi Cathi Sharon dan Choky Sitohang. "Saya dilibatkan sebagai MC untuk lebih mengenalkan Sumsel kepada masyarakat luas. Tentunya, banyak potensi di Sumsel yang akan kita jelaskan kepada semua tamu undangan yang hadir nantinya," katanya.

Melengkapi even spektakuler ini, tata cahaya dibuat sangat besar. Setidaknya, 1 juta watt tata cahaya akan menjadikan Sungai Musi terang dan kemilau di waktu malam. Ditambah dengan sinar laser dan letusan kembang api yang akan dipasang di atas Sungai Musi. Juga didukung dengan 100 ribu watt tata suara terkini yang akan menggema di BKB.

Presiden SBY diperkirakan hadir di lokasi acara mulai pukul 20.00 WIB untuk menikmati makam malam di BKB. Panggung hiburan saat kedatangan presiden sudah mulai menampilkan beberapa atraksi musik. Pukul 21.00 WIB, presiden memasuki panggung kehormatan."Kedatangan presiden akan disambut dengan tari Gending Sriwijaya. Dilanjutkan dengan sambutan Gubernur Sumsel dan sambutan dari Menteri Kebudayaan dan Pariwisata," tuturnya.

Tepat pukul 21.20 WIB sambutan dari Presiden SBY dan pembukaan Visit Musi 2008. Puncak acara ini ditandai dengan pemukulan beduk atau gong raksasa yang kemudian diikuti oleh tabuhan rebana, yang dipukul oleh Gubernur dan wali kota serta bupati. Diikuti ratusan alat perkusi.

"Nanti juga dibagikan ratusan rebana kecil kepada penonton. Menandai atraksi lighting, laser, sound system, dan firework yang akan bertuliskan Visit Musi 2008 di atas Sungai Musi," ungkapnya.

Setidaknya, 100 perkusi yang ditampilkan akan menjadi pemecah rekor Muri. Dan untuk lebih memeriahkan acara, kembang api akan diluncurkan sebanyak tiga kali saat pembukaan, pertangahan acara dan penutupan.

Terkait dana? Helmi mengatakan, yang dialokasi untuk EO hanya Rp2,3 miliar. Dikurangi dengan pajak dan lainnya paling sekitar Rp2 miliar. Tidak seperti yang diinformasikan mencapai Rp4-5 miliar. Idealnya, kata Helmi, dibutuhkan dana Rp3-4 miliar.

"Kita akan mulai bangun panggung pada H-7. Memang saat ini belum begitu greget rencana Visit Musi sebab semua perlu proses. Saya juga tidak hitungan bisnis dalam menjadi EO. Tugas saya juga menggadeng sponsor dan meyakinkan mereka," tegasnya.

H Rachman Zeith, kepala Dinas Pariwisata Sumsel mengatakan, sejumlah objek wisata di Sumsel saat ini sudah dibenahi dan siap menyambut wisatawan. "Masalah objek wisata jangan khawatir semua sudah siap. Setidaknya ada 131 lokasi yang bisa menjadi objek termasuk yang belum tersentuh. Kita sudah lakukan perbaikan secara bertahap," tegasnya.

Sumber: www.sumeks.co.id (14 November 2007)
-

Arsip Blog

Recent Posts