Lewat Film, Objek Wisata Bengkulu Dipromosikan

Bengkulu - Sejumlah objek wisata alam dan sejarah yang terdapat di Provinsi Bengkulu difilmkan dalam bentuk kepingan DVD untuk kepentingan promosi ke mancanegara dan berbagai daerah di Tanah Air. Promosi ini dilakukan dalam rangka meningkatkan kunjungan wisatawan Bengkulu pada masa mendatang.

"Semua objek wisata alam dan sejarah yang ada di Bengkulu kita filmkan untuk kepentingan promosi ke mancanegara dan ke berbagai daerah di Tanah Air guna menarik minat wisatawan datang ke daerah ini di masa mendatang," kata Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu, Edi Nevian kepada SP, di Bengkulu, Minggu (6/1).

Film tentang objek wisata alam dan sejarah yang dimiliki Bengkulu itu menggunakan dua bahasa, yakni bahasa Indonesia dan Inggris.

"Kepingan DVD yang berisikan tentang objek wisata alam dan sejarah di Bengkulu itu segera kami sebarkan ke berbagai negara dan daerah yang ada di Indonesia melalui travel dan agen perjalanan yang ada," ujarnya.

Selain itu, dalam DVD yang berdurasi sekitar 20 menit itu juga menyajikan potensi dan peluang berinvestasi di sektor Pariwisata di Provinsi Bengkulu. Hal ini dilakukan pengusaha luar dan dalam negeri berminat menanamkan investasi sektor pariwisata di Bengkulu, sehingga program Pariwisata Bengkulu bertaraf Internasional dapat direalisasikan.

"Kami berharap promosi melalui film ini dapat meningkatkan kunjungan wisatawan asing dan lokal ke Bengkulu di masa mendatang, sehingga usaha pariwisata di daerah ini dapat bangkit dan berkembang. Dengan begitu PAD dari sektor ini dapat meningkat secara signifikan di masa mendatang," ujar Edi Nevian.

Tentang target Visit Indonesia Years 2008, mantan Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Bengkulu ini mengatakan, sekitar 300.000 orang.

"Kami tidak muluk-muluk pasang target kunjungan wisata ke Bengkulu pada tahun 2008 ini hanya 300.000 orang. Wisatawan ini sebanyak ini kita harapkan datang dari mancanegara dan dalam negeri plus lokal dari tetangga Bengkulu," ujarnya.

Untuk merealisasikan target itu, pihak Dinas Pariwisata Bengkulu selain terus meningkat penataan berbagai objek wisata alam dan sejarah yang ada di daerah ini juga menggiatkan promosi setiap ada kesempatan. Dengan cara ini, diharapkan objek wisata yang ada di Bengkulu semakin dikenal orang, sehingga minat turis asing dan lokal untuk datang ke Bengkulu meningkat.

"Kami yakin jika promosi dan penataan terus kami lakukan kunjungan wisatawan ke Bengkulu akan meningkat pada tahun 2008 ini sesuai yang kita harapkan sebanyak 300.000 orang," ujarnya.

Disambut Baik
Sebelumnya, Ketua Persatuan Pengusaha Hotal dan Restoran Indonesia (PHRI) Bengkulu, Sony Adnan menyambut baik promosi objek wisata Bengkulu melalui film yang dilakukan Dinas Pariwisata Bengkulu tersebut.

"Kami berharap melalui cara ini kunjungan wisata ke Bengkulu di masa mendatang semakin meningkat, sehingga usaha pariwisata di daerah ini semakin maju dan berkembang," ujarnya.

Tanpa ada promosi yang besar-besaran, kata Sony sulit pariwisata Bengkulu akan maju, karena tidak dikenal orang. Tapi, kalau promosi berbagai pihak terus digencarkan pihaknya yakin suatu saat kunjungan wisatawan ke daerah ini akan meningkat. Sebab, potensi objek wisata alam dan sejarah yang dimiliki Bengkulu tidak kalah menarik dari daerah lain.

Seperti Pantai Panjang, Benteng Marlborough, Rumah Bung Karno dan sejumlah objek wisata lainnya sangat menarik untuk kunjungi orang. Tapi, karena promosi kurang masyarakat banyak tidak mengetahui kalau di Bengkulu banyak terdapat objek wisata yang menarik.

"Saya berharap promosi melalui flim dapat meningkatkan kunjungan wisata ke Bengkulu di masa mendatang," ujarnya.

Sumber: www.suarapembaruan.com (8 Januari 2008)
-

Arsip Blog

Recent Posts