Malaysia Lirik Dua Juta Wisatawan Indonesia

Makassar - Malaysia menargetkan kunjungan wisatawan asal Indonesia ke negeri Jiran tersebut sekitar dua juta orang pada 2007.

Menteri Pelancongan (Pariwisata) Malaysia, YB Datuk Seri Tengku Adnan Tengku Mansor, di Makassar, Sabtu malam, mengemukakan target itu realistis karena minat wisatawan Indonesia ke Malaysia terus meningkat tiap tahun.

Tahun ini misalnya, Malaysia menargetkan kenaikan wisman asal Indonesia sampai 36 persen dibandingkan tahun 2006 yang mencapai sekitar 1,2 juta orang.

Tengku Mansor mengatakan, sejak Januari hingga Maret 2007, orang Indonesia yang melancong ke Malaysia sebanyak 375,570 orang.

Di Malaysia, katanya, orang Indonesia, khususnya orang Bugis dan Makassar, lebih banyak berada di Selangor dan Johor.

Sementara itu, wisatawan asal Malaysia yang berkunjung ke Indonesia juga cukup banyak dan umumnya berkunjung ke Jakarta, Sumatera Barat, Bali dan Aceh.

Tengku Mansor berharap, hubungan Malaysia dengan Indonesia baik dari aspek ekonomi, sosial, budaya dan politik, juga dapat dikembangkan melalui kerjasama di sektor pariwisata karena bagi Malaysia, industri pariwisata ini merupakan kontribusi yang terbesar kepada negaranya.

Ia menambahkan, setiap tahun sebanyak 15 juta orang Malaysia melancong ke berbagai negara di dunia.

Untuk menarik kunjungan wisatawan asing, Kementerian Pelancongan Malaysia menawarkan paket ‘Mega Sale‘ serta pemberian tiket-tiket Eye On Malaysia kepada para wisatawan Indonesia yang berkunjung ke Malaysia.

Malaysia memberikan perhatian yang istimewa terhadap pasaran wisatawan Indonesia sejak tahun 1998 karena prestasi di sektor industri pariwisata ini menunjukkan potensi yang tinggi dan mempunyai purchasing power (daya beli) yang kuat.

Akibatnya, kata Tengku yang mengaku merupakan keturunan warga Aceh ini, jumlah kunjungan wisatawan ke Malaysia dari tahun ke tahun mengalami peningkatan.

Sumber: www.antara.co.id (19 Juli 2007)
-

Arsip Blog

Recent Posts