Malut Targetkan 10 Ribu Wisatawan

Ternate, Malut - Provinsi Maluku Utara menargetkan dapat menggaet sekurangnya 10 ribu wisatawan berkunjung ke provinsi tersebut selama tahun 2012. "Kita menargetkan dapat menggaet 10 ribu wisatawan bersamaan pelaksanaan Sail Morotai dan berbagai festival pariwisata di kabupaten/kota di Maluku Utara selama 2012," kata Kabid Pengembangan Destinasi Pariwisata Dinas Budaya dan Pariwisata Maluku Utara, Ihwanuddin Umasangaji di Ternate, Minggu (3/4/2011).

Sejumlah kabupaten/kota di Maluku Utara promosi dan mengagendakan kegiatan wisata. Di Kabupaten Halmahera Barat misalnya, saat ini mereka tengah mempersiapakn Festival Teluk Jailolo untuk memperkenalkan berbagai objek wisata laut di kabupaten itu.

Begitu pula di Kota Ternate yang saat ini sedang menggelar Festival Legu Gam (pesta rakyat) yang biasanya digelar setiap tahun bertepatan dengan hari ulang tahun Sultan Ternate Mudaffar Syah. Momen ini dijadikan sebagai promosi budaya Kesultanan Ternate.

Selain itu, berbagai keindahan panorama alam dan berbagai peninggalan sejarah seperti benteng baik di sejumlah kabupaten/kota di Malut juga akan menjadi target para wisatawan untuk berkunjung ke Malut.

Ihwanuddin mengatakan, dengan adanya berbagai festival kebudayaan dan pariwisata di Malut, dipastikan angka kunjungan wisatawan di Malut kian meningkat. Untuk tahun 2010, misalnya, kunjungan wisatawan mancanegara mencapai 7.000 orang, sedangkan wisatawan domestik capai 680 orang. Angka ini dipastikan meningkat hingga tahun 2012 mendatang.

Apalagi, dengan adanya Sail Morotai 2012 diperkirakan para wisatawan bisa menembus angka 20 ribu. Sehingga masyarakat diminta untuk mendukung berbagai program pemerintah setempat, terutama dalam menjaga kamtibmas.

Dengan adanya target tersebut, saat ini Disbudpar Malut gencar merenovasi berbagai infrastruktur objek wisata dan peninggalan sejarah yang tersebar di sembilan kabupaten/kota di Maluku Utara.

-

Arsip Blog

Recent Posts