Masjid Jadi Tempat Wisata

Palembang - Ketua Dewan Masjid Kota Palembang Imron Rosyidi mengatakan, masjid kota Palembang belum bisa dijadikan sebagai tempat wisata. Sebab sejumlah bangunan masjid yang diusulkan tersebut belum lengkap sarana dan prasana serta arsitektur bangunan belum memenuhi kriteria. Meskipun masjid tersebut telah memiliki nilai sejarah.

“Masjid di Kota Palembang baru bisa dijadikan tempat wisata bila memenuhi beberapa kriteria yang telah ditentukan. Diantaranya memiliki nilai sejarah, arsitektur bangunan yang menarik,sarana dan prasarana serta lokasi masjid yang berdekatan dengan tempat-tempat wisata,” kata Imron kemarin.

Dia menambahkan,usulan masjid di kota Palembang dijadikan sebagai masjid wisata telah diterima Sekretaris Daerah Kota Palembang melalui rapat penentuan kriteria masjid wisata Palembang, kemarin.“ Diharapkan mampu dijadikan sebagai tempat wisata rohani untuk ke depannya nanti,”imbunya.

Sementara itu, Kepala Bagian Kesejahteraan Sosial Setda Kota Palembang Zailani menjelaskan, masjid di Kota Palembang yang akan dijadikan sebagai tempat wisata apabila memenuhi beberapa kriteria yang telah ditentukan tadi. Selain itu juga terlebih dulu akan dilakukan berbagai persiapan.

Tak ketinggalan menggali potensi yang lebih baik terlebih dahulu dengan melakukan pendekatan kepada para pengurus beberapa masjid tersebut. Ada beberapa masjid yang diusulkan akan menjadi masjid wisata. Diantaranya yaitu: Masjid Agung, Masjid Sungai Lumpur, Masjid Kapuran di Kelurahan 14 Ulu, Masjid Lawang Kidul, Masjid Suro, Masjid Abu Bakar Siddiq, Masjid Baitullah, MasjidCengho, Masjid Sampurna Igama, Masjid Raira, Al Aqo-bah I PT Pusri dan Masjid Ki Merogan.

“Khusus Masjid Kota Palembang dijadikan sebagai masjid wisata dalam rangka menyukseskan berlangsungnya visit musi 2008,” kata Zailani. Dia menambahkan, masjid-masjid di Kota Palembang memang belum pas dijadikan sebagai masjid wisata, lantaran sarana yang dimiliki sekarang belum begitu menunjang.

Sumber: www.seputar-indonesia.com (9 Januari 2008)
-

Arsip Blog

Recent Posts