Mice Sumbang 20 Persen Wisman Ke Indonesia

Denpasar - Kegiatan wisata “meeting, incentive, conference & exhibition” (MICE) diharapkan mampu memberikan sumbangan sedikitnya 20 persen dari total kunjungan wisatawan ke Indonesia.

“Indonesia dalam tahun 2007 menargetkan wisatawan mancanegara sebanyak enam juta orang, hingga akhir Juli sudah terealisasi 2,5 juta orang,” kata Dirjen Pemasaran Departemen Kebudayaan dan Pariwisata Thamrin B. Bachri di Denpasar Senin.

Di sela-sela acara pelantikan pengurus DPD INCCA Bali periode 2007-2012 yang diketuai Ida Bagus Lolec Surakusuma, ia mengatakan, sasaran kunjungan enam juta wisman itu diharapkan bisa terealisasi hingga akhir tahun ini.

“Cukup besarnya peran serta MICE dalam memasok wisman ke Tanah Air, sedikitnya sepuluh daerah tujuan wisata dalam negeri disiapkan untuk menjadi MICE’, kata Dirjen Thamrin.

Ke sepuluh daerah tujuan wisata yang fasilitasnya terus disempurnakan itu antara lain Bali, Jakarta, Yogyakarta, Batam, Medan, bandung, Surabaya dan Makassar.

Daerah-daerah itu telah memiliki fasilitas untuk mengadakan pertemuan dengan peserta 2.000-3.000 orang, bahkan untuk Bali bisa menangani hingga enam kali lipat dalam waktu yang bersamaan.

Meskipun demikian penyempurnaan fasilitas serta sarana pendukung masih perlu dilakukan hingga mampu melaksanakan berbagai kegiatan nasional dan internasional dengan peserta dalam jumlah yang besar.

Pengembangan MICE yang telah ditangani secara profesional dalam beberapa tahun belakangan, selain memberikan dampak yang positif terhadap kunjungan touris, juga mampu meningkatkan perolehan devisa negara, pendapatan asli daerah maupun kesempatan berusaha.

Sementara ketua INCCA pusat Iqbal Alan Abdullah mengadakan, dalam mengintensifkan kegiatan wisata MICE di Tanah Air telah terbentuk kepengurusan INCCA di sejumlah daerah, terutama pada sepuluh propinsi yang potensial untuk mengembangkan MICE.

“Kehadiran INCCA pada prinsipnya sangat mendukung kebijakan pemerintah propinsi, Kabupaten dan kota dalam menarik wisatawan sebanyak mungkin berkunjung ke daerah bersangkutan,” kata IQbal.

Gubernur Bali Drs Dewa Beratha menyambut baik kehadiran kepengurusan DPD INCCA Bali, dengan harapan bersama Pemerintah dan komponen pariwisata dapat meningkatkan kunjungan turis ke Bali.

Kepengurusan DPD INCCA Bali yang dilantik untuk periode lima tahun kedepan terdiri ketua Ida Bagus Lolec Surakusuma, Sekretaris Anak Agung Sagung Diah Primasari, Bendahara I Putu Gede Wiwien Gunawasika dilengkapi dengan empat direktur.

Sumber: hariansib.com (24 September 2007)
-

Arsip Blog

Recent Posts