Padang Gelar Festival Perahu Naga Internasional

Padang, Sumbar - Pemerintah Kota Padang bertekad menjadikan Festival Perahu Naga Internasional (21 - 24 Juli) sebagai ajang promosi dan peningkatan kunjungan wisatawan lokal dan mancanegara.

"Festival tersebut sebagai sarana untuk meningkatkan kunjungan wisatawan, baik wisatawan asing maupun wisatawan dalam negeri," kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Padang, Firdaus Ilyas di Padang, Kamis.

Ia mengatakan, sebanyak delapan negara tetangga akan diundang untuk mengikuti festival yang diberi nama Padang Internasional Dragon Boat (PIDB) IX 2011.

"Negara yang sudah memastikan ikut yakni, Hongkong, Cina Taipei, Brunai Darussalam, Malaysia, Laos, Kamboja, Singapura, dan Australia, " katanya.

Lebih lanjut katanya, selain dari negara tetangga, Dispora Padang juga mengundang seluruh tim dayung dari Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) yang mempunyai Tim Dragon Boat.

Ia menjelaskan, dalam festival perahu naga tersebut akan mempertandingkan lomba dayung perahu naga yang mempunyai peserta 30 - 40 pedayung dalam satu perahu besar.

"Dengan ikutnya peserta baik dalam maupun luar negeri tersebut bisa membangkitkan kembali kunjungan wisatawan ke Padang yang selama ini mengalami penurunan akibat gempa Sumbar tahun lalu," katanya.

Ia juga mengatakan, dengan digelarnya festival tersebut selain meningkatkan kunjugan wisatawan juga dijadikan momentum kebangkitan dunia pariwisata Kota Padang.

Firdaus mengatakan, dipilihnya festival tersebut sebagai ajang promosi Kota Padang karena mempunyai sejarah dimana nenek moyang bangsa indonesia merupakan pelaut handal pada zamannya dulu.

"Kita menyadari, bangsa kita merupakan bangsa yang mempunyai pelaut handal dan selama ini juga mempunyai laut dan kekayaan alam berlimpah," katanya.

Ia juga mengharapkan digelarnya festival tersebut bisa mengenalkan alam dan segala kekayaannya pada bangsa lain sehingga meningkatkan kembali kunjungan wisatawan ke Kota Padang.

-

Arsip Blog

Recent Posts