Pedamaran Diproyeksikan Menjadi Objek Wisata Rokan Hilir

Bagansiapi-api - Pulau Pedamaran di Kecamatan Bangko yang berfungsi sebagai penghubung jalan lintas pesisir pantai dari Kecamatan Pasirlimau Kapas hingga Sinaboi dan diteruskan sampai ke Dumai, memiliki potensi wisata. Mengingat hal itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hilir (Rohil) memproyeksikan Pulau Pedamaran untuk dapat dijadikan objek wisata andalan.

“Sebagaimana yang sudah kita ketahui bersama, pembangunan jalan lintas pesisir pantai itu kan melintasi Pulau Pedamaran. Untuk melintasinya diperlukan jembatan Pedamaran I dan Pedamaran II,” kata Bupati Rohil H Annas Maamun didampingi Ketua Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Rohil Drs H Wan Amir Firdaus MSi, kemarin, di Bagansiapi-api.

Selain itu, tambah Annas, pembangunan jalan lintas pesisir pantai dan jembatan Pedamaran I dan Pedamaran II itu, sebagiannya sudah dalam proses tender. “Sekarang ini dalam proses tender. Dan pembangunan jalan lintas pesisir pantai termasuk jembatan itu, merupakan proyek multiyear yang pelaksanannya perlu dukungan dari provinsi dan pusat,” kata Annas Maamun.

Kondisi jembatan Pedamaran I dan Pedamaran II bila sudah selesai nanti, tambah Annas, tidak kalah dengan jembatan Balerang yang ada di Batam. Alasannya, Pulau Pedamaran memiliki sejumlah objek wisata yang kondisinya bisa terangkat bila sudah dihubungkan oleh dua jembatan tersebut. “Salah satunya adalah objek wisata buaya. Selain itu, wisata gelombang bono,” kata Annas Maamun.

Lantaran memiliki potensi itu, lanjut Annas, maka Pulau Pedamaran tersebut segera diproyeksikan sebagai lokasi objek wisata Kabupaten Rohil. “Berkaitan dengan objek wisata ini, sudah ada investor mau datang ke Rohil. Investor itu berasal dari Taiwan, Thailand, Korea, Cina, dan Malaysia. Semua investor itu berencana untuk ikut berperan dalam sektor objek wisata,” kata Annas Maamun.

Objek wisata lainnya yang dimiliki oleh Kabupaten Rohil, tambah Annas, yakni Gugusan Kepulauan Aruah yang ada di Kecamatan Pasirlimau Kapas serta Pulau Tilan dan Danau Laut Napangga. “Itu semua kita proyeksikan untuk tempat objek wisata. Dan investor sudah mulai melirik semua potensi wisata yang ada di Rohil ini,” kata Annas.

Sumber: www.riaupos.com (8 Oktober 2008)
-

Arsip Blog

Recent Posts