Peluncuran Perdana Visit Indonesia 2008 Untuk Kawasan Eropa

Bruggle - Duta Besar RI untuk Belgia, Luksemburg dan Uni Eropa; Nadjib Riphat Kesoema telah membuka acara Indonesia Travel Days, peluncuran tahun kunjungan wisata Indonesia 2008 selama dua hari, 5-6 Januari dari kota wisata Brugge di Belgia.

Acara ini dihadiri oleh Duta Besar RI untuk Belanda, Fanny Habbibie, Korfungsi Pensosbud KBRI Belanda, Staf dan DWP KBRI Brussel, para tour operator, wartawan dan calon pelancong, publik dan pengujung acara Brugge Travel Fair 2008 yang diselenggarakan bekerjasama dengan biro perjalanan Van Renterghem, biro perjalanan terbesar di Belgia.

Dalam paparannya Dubes RI menjelaskan bahwa Pengelola biro perjalananan dalam kehidupan modern kita sekarang ini, tidak sekedar melakukan bisnis perjalanan, tapi juga memberikan preferensi dan pilihan ke mana kita berlibur dan menikmati hidup di tempat. Mengingat peran baru itu, KBRI Brussel bekerjasama dengan Van Renterghem dan tour operator lainnya untuk menjual pilihan paket wisata ke Indonesia. Di tahun 2008 ini lebih dari 100 event di 33 provisi kita gelar di tanah air untuk merebut perhatian dari target 7 juta wisatawan manca negara. Demikian sebagian pidato Duta Besar RI di Brugge 5 Januari ini.

Promosi pariwisata prakarsa fungsi Pensosbud Diplik KBRI Brussel selama dua hari ini, telah menyedot perhatian publik Belgia khususnya kota Brugge. Gamelan Bali yang dimainkan sanggar Kembang Nusantara, asuhan I Made Wardhana telah memukau penonton berkerumun di depan stand Indonesia. Tari Pendet, Topeng Jaipong, Rantak, yang dipentaskan para penari Bali asuhan I Wayan Wardhana tampil memukau tidak kalah dengan para profesional. Tak kalah uniknya kita tampilkan sajian KECAPI -Suling yang dimainkan pemusik berbakat dari Bandung, siswa SMA 8 Bandung, Rayhan Sudradjat berduet dengqn Made Wardhana. Applause publik yang hangat diberikan pada para penabuh gamelan dan penari yang kenyang pengalaman pentas di banyak tempat di Eropa ini.

Dalam pameran pariwisata ini, telah berpartisipasi 22 tour operator/biro perjalanan besar di Belgia. Ada 5 tour operator terbesar dalam pameran ini yang secara khusus menjual paket liburan/wisata ke Indonesia. Selain Van Renterghem yang menjual paket murah 10 hari di Bali hanya dengan 1200 termasuk tiket pp, hotel, sarapan dan tur keliling Bali, ada the Best Tour, Kuoni, Escape, Thomas Cook, Jet Air/VTB menawarkan paket liburan ke Indonesia secara memikat.

Satu hal yang menarik, bahwa dalam acara tersebut diperkenalkan pula makanan Indonesia, Sate + Lontong, Bihun Goreng dan Lumpia yang amat dikenal luas di tanah air. Di stan Indonesia dibuka counter pelayanan Visa cepat. Mini konsulat, demikian Duta Besar RI untuk Belgia, Luksemburg dan UE ini menyebut proses pelayanan aplikasi pembuatan Visa cepat. Dari terobosan ini, dapat menjadi ilustrasi paling kurang ada 21 aplikan bahkan 2 orang telah membayar dan Visanya telah jadi.

"Luar biasa upaya KBRI Brussel dalam promo wisata kali ini". "Ada kesenian, makanan dan ada juga sesuatu yang jarang dilakukan dimana-mana, meja penerimaan aplikasi Visa." "Dan terbukti kan ada yang datang." Demikian komentar Annick Desmet, dari biro perjalanan Van Renterghem menyambut langkah KBRI menjemput bola ini.

Promosi dua hari dalam kemasan Indonesia Travel Days, tidak hanya mampu menggugah sorotan dari berbagai media Belgia. Lebih dari itu kita membuka peluang baru bekerjasama dengan berbagai biro perjalanan -- untuk menawarkan pilihan dan preferensi yang terbaik bagi publik Eropa berwisata ke Indonesia.KBRI Brussel telah merencanakan bahwa luncuran perdana ini akan diikuti kegiatan serupa untuk setiap bulannya di berbagai kota di Belgia maupun Luksemburg.

Sumber: www.deplu.go.id (8 Januari 2008)
-

Arsip Blog

Recent Posts