Penghargaan Anugerah Pesona Wisata 2007 kepada Media Cetak dan Elektronik

Jakarta - Menteri Kebudayaan dan Pariwisata (Menbudpar) Jero Wacik yang diwakili Dirjen Pengembangan Destinasi Pariwisata, Depbudpar Sambudjo Parikesit, memberikan penghargaan Anugerah Pesona Wisata (APW) 2007 kepada media cetak dan elektronik di Balairung Gedung Sapta Pesona Jakarta, Senin (28/1). Pemberian APW 2007 tersebut sebagai bentuk apresiasi pemerintah terhadap para penulis buku, artikel di berbagai media cetak, maupun program pentayangan pesona wisata di stasiun televisi dan radio yang dinilai mampu mendorong peningkatan kesadaran dan kepedulian masyarakat luas terhadap perkembangan kepariwisataan di tanah air, khususnya wisatawan nusantara.

Menurut panitia penyelenggara, pada kegiatan APW 2007 yang kali ini untuk kelima kalinya itu tim juri telah melakukan penyaringan terhadap 130 artikel dari berbagai media cetak, 36 judul film program tayangan televisi dari sembilan stasiun tv (RCTI, SCTV, TPI, Trans TV, Lativi, Elshinta TV, Indosiar, dan Metro TV) serta 18 program siaran oleh 3 stasiun radio pemerintah dan swasta.

Materi penyaringan untuk media cetak bersumber dari kliping surat kabar, tabloid, dan majalah berupa tulisan lepas, artikel, maupun feature yang diterbitkan selama periode Desember 2006 hingga November 2007.

Tim juri yang mewakili unsur dari industri pariwisata, pers, perguruan tinggi, dan pemerintah (Depbudpar) akhirnya telah menetapkan para pemenang untuk terbaik satu, dua, dan tiga dalam kategori media televisi, media cetak, media radio, serta kategori penghargaan khusus (life achievement) kepada penulis berdedikasi selama 30 tahun lebih.

Para pemenang akan menerima trophy piagam penghargaan dan hadiah uang Rp 10 juta (terbaik I), Rp 7,5 juta (terbaik II), dan Rp 5 juta (terbaik III) dari Menteri Kebudayaan dan Pariwisata, tiket pesawat, voucher hotel untuk menginap dua malam, voucher belanja, dan langganan cuma- cuma majalah Eksekutif selama satu tahun.

Menbudpar Jero Wacik mengatakan, Anugerah Pesona Wisata ini merupakan bentuk penghargaan pemerintah terhadap masyarakat, khususnya kalangan pers dalam mendorong berkembangnya pariwisata dalam negeri yang terus digelorakan melalui program Kenali Negerimu, Cintai Negerimu (KNCN).

Untuk kategori media cetak terbaik I Beyond The Dragon Comodos Natural Factions (The Jakarta Post), terbaik II Pesona Tiada Henti Lembah Baliem (Republika), terbaik III Moliemola Primadona Nusapenida (Kompas). Untuk kategori radio terbaik I Tanah Seribu Pantangan (RRI), terbaik II Pesona Wisata Indonesia 2007 (Radio Delta), terbaik III Keliling Saujana Borobudur (KBR-68 H). Kategori televisi, terbaik I Kali Baru Jatim (Trans TV), terbaik II Melalang ke Kaki Sulawesi (Indosiar), terbaik III Satwa Mungil Lembeh (trans tv). Sedangkan penghargaan life achievement diberikan kepada Nyoman S.Pendit.

Sumber: www.budpar.go.id (29 Januari 2008)
-

Arsip Blog

Recent Posts