Pentas Seni-Budaya Asli Indonesia Penuhi Agenda GKJ April 2011

Jakarta - Masih hangat soal isu hampir punahnya kecintaan pada seni Ketoprak di Indonesia. Kali ini pada April 2011, Gedung Kesenian Jakarta (GKJ) banyak mementaskan seni dan budaya asli Indonesia, terutama dari Jawa.

Namun, sebelum menikmati yang asli negeri sendiri, agenda GKJ akan dibuka dengan Road Teater yang menampilkan pentas 'Macbeth' karya William Shakespeare. 'Macbeth' bercerita tentang ambisi, obsesi, kegamangan hidup, keserakahan akan kekuasaan juga kepahlawanan melawan tirani. Cerita tersebut sangat aktual dengan keadaan kehidupan para elite politik negara ini.

Pentas 'Macbeth' memang sudah beberapa kali digelar. Namun kali ini akan dibawakan dengan mengeksplorasi media topeng. Semua pemain menggunakan topeng yang dirancang secara khusus. Melalui media topeng, lakon 'Macbeth' yang kuat pada alur dramatik dan keindahan bahasa, akan semakin dahsyat pada bentuk pengadeganannya. Pentas tersebut akan digelar pada Jumat dan Sabtu, 8 dan 9 April 2011 pukul 19.30 WIB.

Sepekan kemudian, pada 15 April 2011 pukul 19.00 WIB Saddya Budaya Bangsa akan menggelar kalon 'Banjaran Hadiwijaya'. Ini kisah kehidupan Sultan Hadiwijaya dari kebudayaan Agung Majapahit.

Selain itu Wayang Orang Satya Budaya Indonesia akan menampilkan pentas 'Srikandi & Mustakaweni' pada Minggu, 24 April 2011 pukul 19.00 WIB. Dua hari kemudian, 26 April 2011 pukul 19.30 WIB, mahasiswa jurusan Senin Musik Universitas Jakarta akan unjuk gigi menampilkan seni karawitan. Uniknya, musik khas Jawa (Tengah) itu akan dioplos dengan nafas Sunda, Batak, Sumatera Barat, dan Jawa Barat.

Oh ya, bulan April ada peringaran Hari Kartini. Musisi Glenn Fredly akan tampil dengan sebuah persembahan spesial lewat konser mininya yang berjudul 'Untuk Wanita'. Konser tersebut akan digelar tepat pada 21 April 2011 pukul 20.00 WIB.

Pergelaran tari Jawa bertajuk 'Savitri' garapan Rury Nostalgia dan Bambang Pujasworo akan menutup agenda April di GKJ. Pentas tersebut akan digelar pada 30 April dan 1 Mei 2011 pukul 2011.

-

Arsip Blog

Recent Posts