Presiden Undang Publik Jepang Ramaikan Visit Indonesia Year 2008

Jakarta - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengundang publik Jepang untuk turut meramaikan Tahun Kunjungan Wisata Indonesia 2008 untuk lebih mendekatkan masyarakat kedua negara.

Hal itu dikemukakan oleh Presiden Yudhoyono dalam pidatonya di Upacara Perayaan 50 Tahun Persahabatan Indonesia - Jepang di Sasono Langen Budoyo, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, Minggu (20/1). "Saya undang wisatawan Jepang untuk ke Indonesia dan mengenal ragam budaya, sejarah dan keindahan negeri kami," kata Presiden Yudhoyono.

Menurut Kepala Negara, hubungan kedua negara makin erat dalam beberapa tahun terakhir melalui pendekatan kebudayaan, baik dengan cara pengiriman misi kebudayaan atau pariwisata.

Disebutkan pula bahwa jaringan pertukaran antar kedua budaya hendaknya terus dilakukan lintas generasi mengingat generasi muda akan mengemban masa depan hubungan kedua bangsa.

Sebelumnya, Pangeran Akhisino mengungkapkan kebahagiannya karena kedua negara telah membangun erat di berbagai bidang baik politik, ekonomi, kebudayaan, dengan semangat hubungan dari hati ke hati.

"Hal tersebut dapat terlaksana atas segala upaya tak kenal lelah oleh mereka yang terkait di berbagai bidang, serta rakyat kedua negara serta para alumni Indonesia yang pernah belajar di Jepang," kata Pangeran Akishino yang sedang melakukan lawatan ke Indonesia, 18-24 Januari.

Sebelumnya, Ketua Panitia Kehormatan Ginandjar Kartasasmita mengatakan, hubungan kedua negara tercermin dari kerja sama berbagai pola baik kawasan maupun internasional.

"Sudah barang tentu hubungan yang sinergis ini telah memberikan sumbangsih yang sangat berarti bagi stabilitas politik dan keamanan di kawasan Asia," kata Ginanjar yang pernah belajar di Jepang .

Sementara Ketua Panitia Perayaan Rahmat Gobel menyebutkan beberapa kegiatan selama tahun 2008 dalam rangka 50 tahun hubungan kedua negara, seperti pendidikan, kebudayaan, kesenian, sosial dan pariwisata yang sekaligus mendukung Tahun Kunjungan Wisata 2008 Indonesia," ujarnya.

Sumber: www.mediaindonesia.com (21 Januari 2008)
-

Arsip Blog

Recent Posts