Produk Indonesia Tembus Benteng Morro, Kuba

Havana - Produk kerajinan Indonesia mendapat sambutan antusias dari masyarakat Kuba pada hari pertama pameran bertajuk Feria Internacional de Libro 2008 yang diselenggarakan di Benteng San Carlos de la Cabaña, Havana, 14-24 Februari 2008. Feria Internacional de Libro merupakan salah satu pameran berskala internasional yang paling banyak diminati publik Kuba maupun negara-negara di kawasan. Pameran yang telah diselenggarakan sebanyak 17 kali tersebut, tahun ini diikuti oleh 145 peserta dari 31 negara. Selain di Benteng San Carlos, pameran juga diadakan di 42 lokasi di seluruh Kuba. Meski bertajuk pameran buku, event tersebut tidak hanya sebatas menampilkan buku, melainkan juga barang-barang kerajinan dari berbagai negara. Keikutsertaan Indonesia yang merupakan kali pertama dalam pameran ini, menampilkan barang-barang kerajinan yang utamanya berasal dari Jawa, Bali dan Lombok.

Pada hari pertama pameran (14 Februari 2008), KBRI Havana menyelenggarakan resepsi di stan Indonesia yang dihadiri oleh pejabat-pejabat pemerintah, kamar dagang dan industri, BUMN, pusat studi Asia Oseania dan beberapa jurnalis dari radio dan televisi Kuba. Di antara para pejabat yang hadir adalah Direktur Asia Oseania Kementerian Luar Negeri, Wakil Direktur Foreign Trade Promotion Center, Koordinator Hubungan Internasional Kamar Dagang dan Industri dan Wakil Direktur Pusat Studi Asia Oseania Kuba. Dalam sambutannya, Kuasa Usaha Sementara KBRI Havana antara lain mengemukakan bahwa produk-produk yang ditampilkan tersebut merupakan bagian kecil dari kekayaan seni dan budaya Indonesia. Diharapkan melalui pameran ini, pengenalan terhadap Indonesia dapat lebih diperdalam, dan pada gilirannya dapat meningkatkan hubungan persahabatan dan kerja sama antara Indonesia dan Kuba.

Dalam acara tersebut ditampilkan pula tari bali yang dibawakan oleh anggota keluarga staf KBRI. Para undangan juga memperoleh paket berupa suvenir, booklet mengenai produk-produk buatan Indonesia dan CD berisi daftar perusahaan Indonesia, Undang-undang Investasi Indonesia dan calendar of events Visit Indonesia 2008.

Meskipun tahun ini merupakan partisipasi pertama Indonesia dalam pameran, produk kerajinan Indonesia ternyata mendapat sambutan luar biasa baik dari masyarakat Kuba maupun pengunjung pameran dari berbagai negara lainnya. Para pengunjung yang mendatangi stand Indonesia memperoleh berbagai informasi tidak hanya mengenai produk-produk kerajinan Indonesia tetapi juga mengenai seluk-beluk penanaman modal di Indonesia dan potensi pariwisata Indonesia yang tahun ini mengusung tema “Visit Indonesia 2008: Celebrating 100 Years of National Awakening.”

Sumber: www.deplu.go.id (16 Februari 2008)
-

Arsip Blog

Recent Posts