Pulau Jemur Objek Wisata Yang Unik

Pulau Jemur adalah gugusan pulau-pulau yang terdiri dari 9 (sembilan) pulau, dengan 4 (empat) pulau besar yaitu Pulau Tokong Emas, Pulau Tokong Simbang, Pulau Labuhan Bilik dan Pulau Jemur, serta Pulau-pulau kecil lainnya. Pulau yang terbesar adalah Pulau Tokong Emas yang memiliki pemandangan amat indah. Pulau-pulau ini berbukit-bukit dan membentuk lingkaran, berada di Kecamatan Pasir Limau Kapas Kabupaten Rokan Hilir. Banyak nelayan yang datang ke pulau ini untuk menangkap ikan karena pulau ini kaya dengan hasil lautnya seperti Ikan, Rajungan, Udang dan lain-lain.

Disamping itu, pulau-pulau ini dihuni oleh Penyu, dimana pada musim tertentu Penyu-penyu tersebut naik ke pantai dan menyimpan telur-telurnya di pasir pantai. Pulau ini sangat baik untuk berwisata terutama untuk Wisata Bahari karena alamnya yang indah dengan pantai pasirnya dimana Wisatawan dapat berjemur menikmati Sinar Matahari (Tropis) dan angin yang berhembus sepoi-sepoi atau melakukan penyelaman di air yang jernih. Pulau Jemur terletak ± 45 mil dari Bagansiapiapi dan juga ± 40 mil dari Port Klang Malaysia.

Menurut Kepala Seksi Promosi Subdin Pariwisata Dinas Kebudayaan Kesenian dan Pariwisata Provinsi Riau Drs Zulkarnaen, Rabu (28/3) diruang kerjanya, Pulau Jemur sangat diminati oleh wisatawan lokal maupun nasional dan mancanegara. Oleh karena itu ia menyambut baik kebijakan Gubri HM Rusli Zainal SE agar setiap daerah mengembangkan satu objek wisata. ”Di Kabupaten Rokan Hilir saya rasa ini yang paling cocok,” terang Zulkarnaen.

Di pulau ini juga terdapat goa Jepang, yaitu lobang yang dibangun sebagai tempat perlindungan. Menara Suar, dibangun oleh Belanda tahun 1917 sebagai perlengkapan Navigasi di Selat Malaka. Tapak Kaki Manusia, berupa fosil tapak kaki manusia di atas batu karang. Perigi Tulang, yaitu kuburan massal Romusa yang tewas akibat kekejaman tentara Jepang dalam membangun benteng pertahanan di Pulau Jemur, Sisa-sisa Kubu Pertahanan Jepang, tempat dudukan Meriam-meriam Jepang yang menghadap kearah Selat Malaka. Panglima Layar, Legenda seorang Panglima yang menguasai Pulau Jemur. Taman Laut, Kawasan Terumbu Karang di sekitar gugusan Pulau Jemur. Pantai Berpasir Kuning Emas, pantai berpasir halus yang di selang selingi oleh batu karang di Pulau Tokong Emas.

Zulkarnaen mengharapkan adanya dukungan pemerintah baik provinsi maupun kabupaten dalam mengembangkan objek wisata ini. Dukungan dari pusat dan swasta menurutnya juga faktor pendukung yang paling utama untuk menjadikan pulau Jemur sebagai objek wisata unggulan.

Sumber: www.bangrusli.net (3 April 2007)
-

Arsip Blog

Recent Posts