Ribuan Wisatawan Miami akan Kunjungi NTT

Kupang - Ribuan wisatawan asal Miami, Amerika Serikat, akan berkunjung ke Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) secara bertahap pada 2008, menyaksikan atraksi budaya dan pariwisata menarik di daerah itu.

"Sudah ada informasi resmi tentang rencana kunjungan ribuan wisatawan Miami, Amerika Serikat itu. Bahkan, dilaporkan ada 5.094 orang yang akan datang dengan tujuh kapal pesiar namun secara bertahap," kata Kata Kepala Dinas Pariwisata Seni dan Budaya NTT, Lens Haning, di Kupang, Rabu.

Ia mengatakan, pihaknya tengah mempersiapkan berbagai hal yang berkaitan dengan rencana kunjungan ribuan orang wisatawan mancanegara itu, termasuk pengukuran kedalaman dan arus laut di sekitar pelabuhan yang hendak disinggahi.

Sesuai laporan awal, rombongan wisatawan Miami itu akan menyinggahi pelabuhan laut Kupang, Rote Ndao, Larantuka dan Labuanbajo kemudian melanjutkan perjalanan ke wilayah lain di Indonesia.

"Mereka hendak menyaksikan atraksi budaya dan pariwisata unggulan di negara-negara bahari yang memiliki keunikan tersendiri seperti Indonesia. NTT merupakan salah satu destinasi unggulan pariwisata," ujarnya.

Dia memperkirakan, sebagian wisatawan Miami itu akan datang lebih dulu pada pertengahan tahun 2008, kemudian disusul rombongan lainnya.

"Informasi yang kami peroleh dari agen wisata internasional, lima ribu lebih wisatawan itu sudah menyatakan kesediaannya untuk berkunjung ke NTT. Nanti, 8 Maret saya berangkat ke Amerika untuk mengkoordinasikan kesiapan NTT dalam menyambut ribuan wisatawan itu," ujar Haning.

Ia menambahkan, NTT memiliki wisata alam dan budaya yang sangat menarik serta beragam budaya, seni karya dan karsa serta hasil karya masyarakat yang memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Obyek dan atraksi wisata yang dimiliki NTT berupa Taman Nasional Komodo di Manggarai Barat, Gunung Ranaka dan Pantai Cepi Watu di Manggarai, Taman Wisata 17 Pulai di Riung Ngada, Taman Wisata Kelimutu di Ende, Taman Laut Teluk Maumere di Sikka dan Prosesi Jumat Agung di Flores Timur.

Obyek lainnya yakni Penangkapan Ikan Pasu di Lamalera, Taman Laut Pulau Kepa di Alor, berselancar di Nembrala Rote Ndao, Pasola dan Kebudayaan Megalitik di Sumba Barat, pemancingan tradisional di Kupang, Gunung Mutis dan Boti di TTS, Pantai Makasar dan Perkampungan Tradisional Maslete di TTU serta kolam susu dan Gunung Lakaan di Belu.

NTT juga memiliki obyek wisata budaya yang sudah terjadwal sepanjang tahun atau dapat dinikmati oleh para wisatawan karena pelaksanaanya setiap bulan sejak Januari hingga Desember.

Sumber: www.antara.co.id (14 Februari 2008)
-

Arsip Blog

Recent Posts