Sambut Tahun Baru 2008, Ancol dan TMII Manjakan Kesenian Lokal

Jakarta - Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, pengelola hiburan dan rekreasi di ibukota telah menyediakan porsi khusus untuk belasan jenis kesenian lokal dalam perayaan tahun baru kali ini.

Hal itu juga menandai kesiapan mereka dalam menyambut Visit Indonesian Years 2008.

Dua lokasi wisata dan rekreasi terkemuka di DKI Jakarta, Ancol dan Taman Mini Indonesia Indah (TMII), misalnya. Mereka menawarkan belasan jenis kesenian daerah yang dipadu dengan hiburan lokal seperti konser musik pop, dan dangdut.

Corporate Communication PT Pembangunan Jaya Ancol, Tbk (PJA) Sofia Cakti mengatakan, pihaknya sengaja menyuguhkan acara bernuansa etnik tersebut dalam perayaan tahun baru ini, bersamaan dengan kegiatan Visit Indonesian Years 2008 yang dicanangkan pemerintah.

"Kami sengaja menyuguhkan banyak kesenian lokal pada tahun baru kali ini, menandai datangnya Visit Indonesian Years 2008," katanya di Jakarta, Minggu (30/12).

Tawaran berbeda menjelang tutup tahun kali ini ditandai dengan mendatangkan kesenian Jatilan (kuda lumping) dan Gejog Lesung, dari Bantul Yogyakarta, yang digelar pada 29 Desember 2007-02 Januari 2008.

Suguhan acara tersebut, ujarnya, merupakan sebuah sinergi antara Pasar Seni Ancol dengan para seniman dari Pasar Seni Gabusan Bantul Yogyakarta, yang sempat diterjang musibah gempa, beberapa waktu lalu.

Selain itu, Ancol juga menampilkan kesenian Lenong Betawi dan pagelaran musik Campursari, dalam perayaan tahun baru yang bertemakan Jakarta Seaside Festival itu.

Kali ini, lanjut Sofia, Ancol memberikan empat konsep acara yaitu Konser Musik (pop & dangdut), Pertunjukan Budaya / Etnik (Jawa, Betawi, Bali dll), Pesta kembang Api dan Sportmatazz Publix Sound (Komunitas Clubers (R&B, Deep House, Progresive, Retro,Trance), dan Extreme Sport (Bikers,BMX), Breakers).

Acara rutin pesta Kembang Api Ancol merupakan suguhan yang selalu dinanti pengunjung Ancol, karena memiliki konfigurasi dan efek yang memukau akibat efek pantul dari air laut.

Sofia mengatakan, sejumlah artis ibukota yang akan tampil dalam perayaan tahun baru 2008 antara lain Samson, Nidji, Drive, Kangen Band, Inul Daratista, Ira Swara, Ikke Nurjanah, dan Denada.

"Kami coba berikan alternatif acara yang bisa dipilih oleh masyarakat. Tahun lalu, jumlah pengunjung dalam perayaan tahun baru 2007 mencapai 285 ribu orang. Kami targetkan meningkat hingga 300 ribu pengunjung, kali ini," ujar Sofia.

Sementara TMII akan mendatangkan grup band Dewa 19, The Rock, Andra & The Backbone, Mulan Kwok, kelompok vokal dangdut Trio Macan, Matta Band, Laluna, Captain Lord, The Astree & The Leaver, dan The Bohay.

Konser musik malam tahun baru TMII dijadwalkan dimulai pukul 19:00 WIB dan akan ditutup pesta kembang api di Danau Arsipel Indonesia. Sedangkan Pertunjukan Musik Tahun Baru akan digelar pukul 12:00-18:00 WIB.

Selain konser musik, di anjungan Jawa Tengah juga akan digelar pertunjukan wayang kulit dengan Dalang Ki Mantep Sudarsono mengangkat cerita Kresna Gugah. Sedangkan di anjungan daerah lain juga digelar berbagai acara hiburan tradisional dan populer.

TMII berencana menyalakan sebanyak 2.008 obor di miniatur pulau-pulau Indonesia, menjelang pergantian malam tahun baru nanti. Guna mengantisipasi keramaian pengunjung pada malam tahun baru, pihak TMII akan menyiapkan aparat keamanan dari berbagai unsur seperti satuan pengamanan TMII sebanyak 125 orang dibantu aparat dari TNI/Polri dan pertahanan sipil.

Sementara Ancol akan membuka dan mengoperasikan satu gerbang baru di kawasan pantai Carnaval, sehingga pengunjung yang ingin menyaksikan konser dan pesta kembang api dapat langsung ke pantai Carnaval melalui gerbang tersebut.

Sumber: www.mediaindonesia.com (31 Desember 2008)
-

Arsip Blog

Recent Posts