Sambut VIY 2008, INCCA Gelar Empat Event MICE Internasional

Jakarta - SeRata Penuhorang pelaku bisnis pariwisata sekaligus Ketua Umum INCCA (Indonesia Conggress and Convention Association) Iqbal Alan Abdullah mengatakan, menyambut Tahun Kunjungan Indonesia (Visit Indonesia Year/VIY 2008) ada empat event MICE (Meeting, Incentive, Conference and Exhibition) internasional akan digelar di Indonesia.

"Event yang akan dilaksanakan terkait wisata MICE ini dengan memanfaatkan kepemimpinan Indonesia di Asosiasi MICE Asia," kata Iqbal saat menyampaikan paparan dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Budpar di Jakarta, baru-baru ini.

Dikatakan, keempat event tersebut adalah `Seminar Standarisasi dan Sertifikasi Pendidikan MICE Asia` yang diadakan pada Agustus 2008, kemudian berlanjut dengan `Asia MICE Forum & Exhibition (AFECA Forum)` pada bulan September. "Pada waktu yang bersamaan di bulan itu kita akan menggelar bursa pariwisata internasional ITTF (Indonesia Tourism & Travel Fair 2008) yang direncanakan di Jakarta, "katanya.

Sedangkan event lain adalah akan digelar `World MICE Solidarity atau Malam Solidaritas MICE Dunia untuk Indonesia`, yang diharapkan dihadiri para pelaku bisnis pariwisata terutama yang bergerak di bidang MICE dari berbagai negara. Penyelenggaraan event ini akan menjadi ajang promosi bagi Indonesia --sebagai destinasi MICE- yang untuk kesekian kalinya dipercaya dunia seperti oleh Organisasi Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) sebagai tuan rumah penyelenggaraan konferensi internasional di antaranya Global Climate Change (UN-FCCC) di Nusa Dua Bali pada pertengahan Desember 2007 lalu.

Dalam kesempatan lain Iqbal Alan Abdullah menilai, dengan dibentuknya Direktorat Konvensi, Insentive dan Pameran (MICE) oleh pemerintah (Depbudpar) tahun 2007 menunjukkan keseriusan pemerintah bersama pelaku bisnis dalam menggarap MICE. "Secara global industri MICE di berbagai kawasan ASEAN, Asia Pasifik, Eropa, dan Amerika Serikat tahun 2007 rata-rata mengalami pertumbuhan dua digit. Kita berharap kondisi ini akan berdampak positif terhadap industri MICE di Indonesia," katanya, seraya mengatakan kondisi global itu telah mendorong bisnis MICE di tanah air pada tahun 2007 menunjukkan tren meningkat, meski belum sebagus tahun 1998 yang pernah berhasil mengadakan 998 event skala nasional, regional maupun internasional.

Sumber: www.budpar.go.id (23 Januari 2008)
-

Arsip Blog

Recent Posts