Soft Opening Celebes Convention Centre

Makassar - Pembangunan fisik Celebes Convention Centre (CCC) direncanakan selesai bulan Agustus mendatang. Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) merencanakan akan menggelar soft opening di area tersebut bulan depan.

"Kami merencanakan akan menggelar soft opening pada Agustus mendatang. Kegiatan itu akan dirangkai dengan acara pameran," ujar Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sulsel, Syamsul Alam Mallarangeng, di Makassar, Sabtu (14/7).

Sampai Agustus mendatang, proyek yang didanai Departemen Koperasi dan UKM serta Pemerintah Provinsi Sulsel itu baru menyelesaikan gedung exhibition hall dan plenary hall. Sedangkan penataan area diperkirakan baru akan selesai akhir 2007 atau awal 2008 mendatang.

Secara keseluruhan, proyek CCC diestimasi menelan anggaran sekitar Rp 60 miliar. Exhibition hall menelan biaya Rp 27,144 miliar, plenary hall dianggarkan Rp 9,393 miliar, ballroom menelan biaya sekitar Rp 11,4 miliar, side development Rp 7,9 miliar, dan tambahan tanggul sebesar Rp 4,7 miliar.

Proyek ini sebenarnya direncanakan selesai pembangunannya pada akhir 2006 lalu. Namun dana dari departemen koperasi dan UKM sebesar Rp 20 miliar terlambat mengucur. Pada tahun 2007 inilah, dana untuk proyek fisik itu turun.

Rangkaian pameran akan digelar mengikuti soft opening CCC. Pameran itu antara lain Bank Expo yang diselenggarakan Dinas Koperasi dan UKM Sulsel dengan Bank Indonesia (BI). Pameran ini, kata Syamsul, digelar untuk memfasilitasi pengembangan sektor riil, termasuk usaha kecil menengah.

"Selain itu, kami juga akan menggelar pasar murah untuk memperingati Hari Koperasi 2007. Rencananya bulan September mendatang. Agenda di CCC sejak bulan Agustus dapat dikatakan padat," kata Syamsul. Termasuk di dalamnya kehadiran Disney Lantern Fantasy.

Disney Lantern Fantasy atau miniatur Disneyland juga akan mempergunakan area CCC seluas 1,5 hektare mulai pertengahan Agustus sampai awal September mendatang. Event ini diperkirakan dapat mengundang sekitar 200 ribu pengunjung, dari dalam maupun luar wilayah Sulsel.

Sumber: www.tribun-timur.com (21 Juli 2007)
-

Arsip Blog

Recent Posts