Stan Indonesia Mendapat Perhatian khusus dari Pengunjung 14th Slovenia International Ladies Association (SILA) International Bazaar

Ljubljana, Slovenia - Partisipasi Indonesia dalam 14th Slovenia International Ladies Association (SILA) International Bazaar yang diselenggarakan di Ljubljana, ibukota Slovenia pada tanggal 24 November 2007 telah mendapat perhatian khusus lebih dari 1500 pengunjung. Bazaar Internasional yang diikuti oleh 30 negara tersebut dibuka secara langsung oleh Presiden Slovenia yang baru terpilih Prof. Dr. Danilo Türk.

Bazaar yang diselenggarakan sekali setahun tersebut selain dipadati oleh pengunjung dari kota Ljubljana sendiri juga dari kota-kota lainnya di Slovenia. Pada kesempatan tersebut, stan Indonesia tidak henti-hentinya didatangi pengunjung bazaar karena tertarik dengan dekorasi khas Indonesia yang menunjukkan kekayaan tekstil Indonesia, keanekaragaman benda-benda seni budaya khususnya yang terbuat dari dari kayu dan bambu, serta poster-poster pariwisata.

Sebagian pengunjung mendatangi stan Indonesia karena pernah berkunjung ke Indonesia, sebagian lagi karena pernah mendengar tentang Indonesia dan ingin mendapatkan informasi lebih banyak lagi. Pakaian nasional yang dikenakan oleh anggota Dharma Wanita Persatuan KBRI/PTRI Wina juga menjadi daya tarik tersendiri sehingga televisi Slovenia yang meliput acara tersebut secara khusus mendatangi stand Indonesia.

Selain menjual berbagai benda seni dan dekorasi yang terbuat dari kayu dan bambu, stan Indonesia juga menjual aneka kue seperti dadar gulung, risoles, pastel, bolu kukus dan rempeyek. Minat masyarakat Slovenia terhadap barang maupun makanan Indonesia sangat tinggi sehingga sebelum acara berakhir hampir seluruhnya telah habis terjual. Hasil penjualan kue-kue sejumlah € 955.40 seluruhnya disumbangkan kepada SILA yang penyerahannya dilakukan secara simbolis dari Pemegang Mandat Ketua Dharma Wanita Persatuan KBRI/PTRI Wina kepada istri Konsul Kehormatan Indonesia di Slovenia untuk kemudian diserahkan kepada SILA.

Partisipasi Indonesia dalam acara ini merupakan hasil kerjasama KBRI/PTRI Wina dengan Dharma Wanita Persatuan dan Konsul Kehormatan Indonesia di Slovenia yang sangat aktif dalam mempromosikan Indonesia di Slovenia.

Hasil bazaar SILA yang telah dilakukan selama 14 tahun terutama disumbangkan untuk membantu sekolah-sekolah, rumah sakit, dan pusat krisis di berbagai wilayah di Slovenia dan mendapat apresiasi yang besar dari Pemerintah dan masyarakat Slovenia maupun komunitas internasional.

Sumber: www.deplu.go.id (29 November 2007)
-

Arsip Blog

Recent Posts