Sulawesi Selatan Gelar 40 Kegiatan Wisata Sambut VIY 2008

Makassar - Sulawesi Selatan (Sulsel) akan menggelar sekitar 40 kegiatan wisata menyambut tahun kunjungan Indonesia (Visit Indonesia Year/VIY) 2008 di sejumlah kabupaten dan kota.

"Agenda wisata itu meliputi wisata budaya, kuliner, maupun wisata religius yang akan digelar di sejumlah kabupaten/kota sesuai potensinya masing-masing," kata Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Sulsel Syahlan Solthan di Makassar, Senin (28/1).

"Semua provinsi punya kawajiban menyukseskan VIY 2008, karena itu Sulsel telah mengagendakan sekitar 40 kegiatan wisata yang cukup menarik," kata Syahlan menambahkan.

Agenda wisata yang siap digelar menyambut tahun kujungan Indonesia 2008 antara lain festival seafood di Makassar, Festival Danau Tempe di Kabupaten Wajo, peringatan Maudu Lompoa (Maulid Nabi Muhammad SAW) di Takalar dan Makasar.

Selain itu, upacara ritual Rambu Solo‘ (pemakaman jenazah) dan Rambu Tuka‘ (pesta panen) di Tana Toraja tetap menjadi primandona selama tahun kunjungan wisata 2008.

Wisata budaya khas Tana Toraja yang telah dikenal secara luas di mancanegara tetap menjadi primadona dalam meraih kunjungan wisatawan asing, terutama turis asal Eropa.

Menurut Syahlan, selain Tana Toraja, pihaknya juga telah mempromosikan sejumlah obyek wisata di beberapa daerah yang tidak kalah menarik dibanding obyek wisata yang selama ini menjadi pilihan wisatawan.

"Kita telah menetapkan tujuh kawasan wisata andalan yang tersebar di 23 kabupaten dan kota dengan keunggulan masing-masing berupa wisata budaya, alam, kuliner, wanawisata, wisata bahari, dan wisata religius," kata Syahlan.

Kawasan wisata andalan tersebut yakni Tana Toraja, Sawerigading, Mimminasata, Bugis, Bulukumba, Takabonerate (Selayar), dan kawasan Ajattappareng.

Masing-masing kawasan tersebut memiliki objek unggulan yang cukup menarik bagi wisatawan asing dan domestik.

Kawasan wisata Sawerigading yang meliputi Kabupaten Luwu, Luwu Utara, Luwu Timur, Palopo, dan Enrekang, selain memiliki wisata budaya berupa Museum Andi Djemma yang mengoleksi beragam jenis benda peninggalan sejarah masa lampau juga kaya dengan wisata alam dan wisata bernuansa religius.

Sementara Bulukumba terkenal dengan hamparan pasir putih di Pantai Tanjung Bira dan Selayar dengan kawasan Taman Laut Takabonerate yang juga tercatat sebagai salah satu athol terindah ketiga di dunia.

Sumber: www.mediaindonesia.com (29 Januari 2008)
-

Arsip Blog

Recent Posts