Sulbar Tuan Rumah "Kemilau Sulawesi"

Mamuju, Sulbar - Sulawesi Barat akan menjadi tuan rumah kegiatan "Kemilau Sulawesi VI".

Gubernur Sulawesi Barat, H Anwar Adnan Saleh, mengemukakan pelaksanaan "Kemilau Sulawesi VI" yang akan dipusatkan i Mamuju bisa menguntungkan sektor pariwisata provinsi itu yang selama ini belum dikenal oleh wisatawan Nusantara.

"Pelaksanaan Kemilau Sulawesi ini tentu bisa menguntungkan sektor pariwisata Sulbar karena ribuan pasang mata akan melihat langsung potensi wisata Sulbar yang akan ditampilkan saat pembukaan oleh Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono pada Juli mendatang," kata Anwar Adnan Saleh di Mamuju, Jumat (22/4).

Ia mengatakan, potensi wisata dan budaya yang ada di Tanah Mandar ini sangat beragam namun potensi ini bagaikan mutiara yang terpendam dalam perut bumi.

"Oleh karena itu, momentum pelaksanaan Kemilau Sulawesi akan menjadi titik awal untuk mempromosikan potensi wisata yang kita miliki," ungkap dia.

Gubernur mengemukakan, dengan terpilihnya Sulbar sebagai penyelenggara Kemilau Sulawesi jelas menguntungkan daerah ini karena semua potensi wisata akan dipertunjukkan dalam acara tersebut.

Karena itu, kata dia, pemerintah terus melakukan persiapan secara matang guna menyukseskan program Kemilau Sulawesi VI, yang menjadi salah satu program tahunan Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata (Kemenbudpar) yang diikuti seluruh kabupaten/kota di enam provinsi di pulau Sulawesi.

Anwar mengemukakan, sebagai tuan rumah yang mendapat kepercayaan dari pemerintah pusat untuk melaksanakan Kemilau Sulawesi tersebut, tentu akan direspon secara positif, apalagi daerah ini telah mencanangkan salah satu kabupaten sebagai daerah destinasi wisata Sulbar.

"Pada Maret yang lalu, kabupaten Mamasa dijadikan sebagai daerah pengembangan sektor wisata yang diharapkan pada momentum pelaksanaan kemilau Sulawesi tersebut Sulbar semakin dikenal akan potensi wisata yang kita miliki," kata dia.

Anwar Adnan Saleh yang juga ketua Badan Kerja Sama Pembangunan Regional Sulawesi (BKPRS) ini mengemukakan, banyak potensi budaya dan pariwisata yang nantinya akan ditampilkan pada pelaksanaan kemilau Sulawesi sesuai dengan potensi budaya kearifan lokal masing-masing kabupaten di Sulbar.

Karena itu, kata dia, lima kabupaten di daerah akan diajak untuk segera mempersiapkan diri untuk mengikuti pergelaran Kemilau Sulawesi.



"Promosi pariwisata dalam negeri ini sangat efektif dilakukan untuk mendorong wisatawan Nusantara masuk ke Sulbar," kata dia.

-

Arsip Blog

Recent Posts