Sumut didominasi wisatawan China

Medan, Sumut - Jumlah wisatawan yang berkunjung keberbagai daerah di Provinsi Sumatera Utara terus mengalami peningkatan. Demikian disampaikan Kepala Bidang Pemasaran Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Utara, Mukhlis.

"Arus pengunjung melalui pintu gerbang kota Medan keberbagai daerah tujuan wisata diprovinsi ini terus mengalami peningkatan. Dan untuk tahun ini, wisatawan didominasi dari kawasan Asia, terutama asal negara China," ungkapnya, hari ini kepada Waspada Online.

Pada 2006 lalu, jumlah wisatawan hanya 1.355 orang. Kemudian tahun 2007, 2.935 jiwa dan tahun 2008, 4.751 wisatwan. Sementara tahun 2009, ada 4.288 dan 2010, jumlah wisatawan ke daerah ini tercatat 4.792 jiwa.

Dijelaskannya, meningkatnya jumlah wisatawan asal negara tirai bambu itu, dampak dari membaiknya ekonomi negara tersebut. Sementara itu, provinsi ini sendiri memiliki cagar budaya yang tidak jauh berbeda dengan negara ini.

"Peningkatan jumlah wisatawan asal negara itu mulai meningkat sejak 2007 hingga tahun 2008. Dan peningkatan ini semakin kentara pada saat kunjungan wisatawan ditahun 2009 dan tahun 2010," urainya.

Diakuinya, selain cagar budaya yang hampir mirip, peningkatan jumlah wisatawan China itu juga sebagai dampak dari promosi yang dilakukan Dinas Pariwisata Sumut, yang langsung mempromosikannya kenegara tersebut.

"Setiap tahunnya kita tetap menggelar China International Travel Mart, di mana dalam even ini setiap travel bisa langsung menjual paket wisatanya ke China. Dan untuk tahun ini, kita akan mengagendakannya dua kali," ungkapnya.

Berdasarkan data yang dimilikinya, selain China, wisatawan asal Taiwan juga banyak berkunjung ke Sumut. Dimana jumlahnya pada tahun ini mencapai 1.017 orang.

-

Arsip Blog

Recent Posts