Tampilkan Tarian Antar Etnis

Pontianak – Panitia perayaan robok-robok Kabupaten Pontianak 2008, akan menampilkan tarian antar etnis pada acara pembukaan Rabu 5 Maret 2008 yang dipusatkan di lokasi pembangunan Pelabuhan Regional Kuala Mempawah.

Empat tarian etnis yang akan tamnpil pada acara pembukaan itu adalah tarian Melayu, Bugis, Dayak dan Tionghoa. Kata Anwar S.IP, Kepala Bidang Pariwisata Dinas Parbudpora Kabupaten Pontianak di ruang kerjanya, kemarin.

Alasan menampilkan tarian tersebut tambah Ketua II Panitia Robok-Robok Kabupaten 2008, jika dilihat sejarah berkembangnya Kerajaan Mempawah tempo doeloe. Dilain pihak, sebagai upaya untuk menarik minat pariwisata lokal dan mancanegara berkunjung di Kalbar dalam rangka mendukung Visit West Borneo Year 2008 atau tahun kunjungan wisata Kalbar tahun 2008.

Tak hanya itu lanjut mantan Kabid Kebersihan Dinas PU itu, panitia kabupaten juga akan memeriahkan dengan berbagai kesenian lainnya pada pembukaan seperti lagu-lagu tarling (tar dan suling), menampilkan lagu-lagu Melayu Kabupaten Pontianak, Tondang Sanggar Pusaka, Tanjidor Sapta Pesona binaan Dinas Parbudpora serta tampilan kesenian dari tim tari Amantubillah, tim tari dari sanggar Keluang Peniti, tim tari sanggar Borneo Terigas.

“Puncaknya adalah lomba sampan bidar dengan delapan pendayung seusai acara ritual. Panitia menyiapkan sampan dan peserta dibenarkan untuk membawa dayung pribadi,” sebut dia.

Sumber: www.pontianakpost.com (15 Februari 2008)
-

Arsip Blog

Recent Posts