Tarik Minat Wisatawan, Pemko Medan Alokasikan Dana Rp 29 Miliar

Medan - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Medan pada tahun 2007 terus melaksanakan berbagai kegiatan untuk menarik minat wisatawan domestik dan mancanegara untuk berkunjung ke Kota Medan. Kegiatan yang dilaksanakan termasuk menggelar berbagai festival dan lomba.

Bila pada tahun 2006 wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Medan mencapai 136.000 orang, maka pada tahun 2007 diharapkan jumlah wisatawan yang datang dari berbagai negara ke Medan meningkat paling tidak 10 persen atau sekira 150.000.

Untuk melaksanakan berbagai kegiatan kebudayaan dan pariwisata, Pemerintah Kota Medan mengalokasikan dana Rp29,1 miliar atau 2,9 persen dari total belanja langsung APBD TA 2007.

“Belanja urusan budaya naik 300 persen lebih atau bertambah Rp28,2 miliar dibandingkan dengan alokasi belanja tahun 2006,” ujar Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Medan H Syarifuddin SH didampingi Kabag Humasy Pemko Medan Drs H Arlan Nasution MAP (14/5) di Balaikota Medan.

Dijelaskannya, program kinerja yang akan dilakukan dengan jangka pendek dan menengah, peningkatan promosi Pariwisata di Kota Medan melalui event-event dan festival seperti melakukan Syahriah Fair dan Bazar UMK, Januari 2007.

Program ini menjadi perhatian utama, guna mendukung perekonomian kota yakni membina para usaha kecil dan menengah dan koperasi (UKMK), pada pelaksanaan ini secara berkelanjutan memperkuat dan fungsi pelaku–pelaku ekonomi khususnya yang mengelola usaha kecil dan menengah serta koperasi di kota Medan ini.

Festival
Kegiatan yang dilakukan di Danau Siombak pada Febuari/Maret yang lalu, melakukan festival lomba dayung, lomba mancing dan lomba layang-layang, kegiatan ini menarik minat selain dari dalam negeri juga dari mancanegara (Malaysia) yang ikut serta dalam event ini.

Selain itu, Festival Multi Etnis bersamaan dengan Pekan Kebudayaan Internasional, Festival Seni dan Budaya. Kegiatan ini telah berjalan sejak Januari sampai April 2007 yang merupakan kalender kegiatan Pariwisata tahun 2007. Kalender Pariwisata pada Mei 2007 di Medan yakni Festival Makanan, Pesta Penyair Indonesia (25-28 Mei), International Medical Expo 2007 (25-27 Mei).

Sedangkan Pekan Budaya Medan antara lain memberikan penghargaan gelar kepada tokoh nasional dan juga pemilihan Jaka Dara Kota Medan dari 21 Kecamatan se-Kota Medan dilaksanakan Juni 2007.

Pemilihan Duta Wisata Medan dilaksanakan Juli 2007. Juga dilaksanakan pemilihan Putri Medan Metropolitan serta Pameran Kendaraan antik serta Pekan Warisan Medan. Pada Agustus 2007 dilaksanakan Wisata Juang 45, dengan melakukan lomba photo bersejarah/bangunan bersejarah yang ada di Kota Medan, serta melakukan Pameran Produk Pertanian dan Peternakan.

Kegiatan kebudayaan dan pariwisata di Medan pada September 2007 dilaksanakan kegiatan Medan Fair 2007 dan Lomba Tor Tor bersamaan dengan kegiatan Ramadhan Fair yang ditindaklanjuti dengan Festival Budaya Islami.

November 2007, di Kota Medan dilaksanakan Pesona Wisata serta diadakan Festival Lentera, Desember 2007 juga dilakukan kegiatan Wisata Belanja dan penyambutan Tahun Baru.

“Dengan berbagai kegiatan, festival dan lomba ini, diharapkan minat wisatawan domestik dan mancanegara makin besar untuk berkunjung ke Kota Medan, yang pada gilirannya diharapkan dapat makin menggerakkan sektor ekonomi,” ujar Syarifuddin SH.

Dijelaskannya juga, kegiatan–kegiatan yang merupakan event festival dan lomba yang dilaksanakan di Medan tidak terlepas dari kerjasama dan sama-sama bekerja, juga partisipasi aktif dan peran-serta warga masyarakat di Kota Medan.

Sumber: Harian Analisa (14 Mei 2007)
-

Arsip Blog

Recent Posts