Tiga Menteri Pariwisata IMT-GT Sepakat Dorong Kunjungan Turis dengan Penambahan Jalur Penerbangan

Bangkok - Tiga menteri pariwisata; Indonesia, Malaysia, dan Thailand yang tergabung dalam wilayah segitiga pertumbuhan (IMT-GT) sepakat untuk meningkatkan arus kunjungan wisatawan dari ketiga negara tersebut melalui pembukaan jalur penerbangan baru antara lain Banda Aceh-Penang, Langkawi-Phuket, serta Medan/Padang-Hat Yai, Thailand.

Dalam pertemuan tingkat menteri pariwisata ASEAN di ATF (ASEAN Tourism Forum) yang berlangsung di Bangkok Thailand, 18-22 Januari 2008, ketiga menteri pariwisata itu sepakat untuk melakukan berbagai upaya dalam mendorong pertumbuhan pariwisata di ketiga kawasan pertumbuhan (IMT-GT) antara lain dengan menyelenggarakan event pariwisata, yang tahun ini bersamaan dimulainya kampanye Visit IMT-GT Years 2008-2009 .

Menbudpar Jero Wacik yang memimpin delegasi Indonesia pada ATF di Bangkok tersebut menghadiri Pertemuan Tingkat Menteri Pariwisata ASEAN ke-11, Pertemuan ke-7 Menteri Pariwisata ASEAN Plus Three, dan Pertemuan ke-1 Menteri Pariwisata ASEAN-India, serta pertemuan tiga menteri dalam kawasan IMT-GT.

Dalam Pertemuan Menteri Pariwisata ASEAN ke-11 dihasilkan kesepakatan perlunya Joint ASEAN Tourism Promotion Strategy guna meningkatkan kunjungan turis internasional ke ASEAN. Tahun 2007 jumlah turis internasional ke ASEAN mencapai 60 juta, di mana untuk intra-ASEAN travel mencapai 25,8 juta.

Sumber: www.budpar.go.id (25 Januari 2008)
-

Arsip Blog

Recent Posts