Untuk Dukung Pariwisata, Polda Sulut akan Terbitkan SIM WNA

Manado - Untuk mendukung pembangunan pariwisata di Sulawesi Utara (Sulut), polda setempat menyiapkan program pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) bagi warga negara asing (WNA).

Dirlantas Polda Sulut Kombes Korudin Karya kepada wartawan, Kamis (14/2) di Manado mengatakan, pihaknya tengah merancang layanan pembuatan SIM khusus bagi WNA yang berkunjung di daerah tersebut.

"Diharapkan dalam waktu dekat ini program pembuatan SIM itu dapat terealisasi,” katanya.

Menurut Koridun, pembuatan SIM tersebut juga sebagai salah satu upaya dalam mendukung program pemerintah, khususnya di sektor pariwisata.

Pemerintah telah memprogramkan berbagai kegiatan, antara lain Visit Indonesia Year (VIY) 2008, Sulut tuan rumah World Ocean Conffrence (WOC) 2009, serta Manado sebagai Kota Pariwisata Dunia 2010.

Terkait dengan berbagai kegiatan itu, diprediksi kunjungan wisatawan mancanegara ke Sulut akan meningkat, sehingga kepolisian merencanakan untuk pembuatan SIM kendaraan roda dua maupun roda empat.

Kehadiran SIM yang berlaku sementara selama periode tertentu itu, akan membantu bagi wisatawan yang berkunjung ke Sulut untuk dapat mengendarai kendaraan roda dua maupun empat, guna melihat keindahan berbagai potensi objek wisata.

Imbasnya terhadap lama tinggal wisatawan di Sulut semakin panjang sehingga berpengaruh terhadap perekonomian masyarakat, katanya.

Menjawab pertanyaan, dia mengatakan, pembuatan SIM bagi WNA tersebut sudah dilaksanakan pada beberapa daerah di Indonesia, seperti Provinsi Bali.

Jika program itu terealisasi di Sulut, maka kepolisian akan melakukan kerja sama dengan instansi terkait lainnya untuk menyukseskan kegiatan itu serta melakukan jemput bola.

Sumber: www.mediaindonesia.com (15 Februari 2008)
-

Arsip Blog

Recent Posts