Usia Tak Kendurkan Semangat Kitaro

Usia musisi Jepang Kitaro sudah tidak muda lagi, 58 tahun. Namun, penampilan di panggung tidak ada perbedaan dengan penampilan-penampilan sebelumnya. Tetap energik, semangat dan mampu menghipnotis penonton dengan alunan musik lembutnya.

Musisi itu tampil dengan gaya khasnya dengan rambut panjang yang digerai. Ia mengenakan kostum hitam dipadu dengan jubah bercorak silver.

Ia tampil di Jakarta Convention Center, Senayan dengan dibantu lima orang pengiring. Kitaro tampil kalem di atas panggung yang dipenuhi dengan sejumlah alat musik. Ia berturut-turut memainkan tiga lagu dari album barunya.

Dalam konsernya, Kitaro juga memainkan Gu Zheng, alat musik tradisional Jepang yang bentuknya seperti Kecapi. Dia juga memenuhi janjinya untuk bernyanyi lewat lagu 'Caravan Sary'. Hal ini langsung mendapat sambutan dari penonton yang memadati ruangan.

Selain bermain Gu Zheng, Kitaro juga menunjukkan kepiawaiannya bermain perkusi. Beberapa kali dia berjalan ke panggung bagian atas, tempat bedug dan drum tertata. Kitaro memukul bedug-bedug itu seirama dengan pengiringnya.

Suasana semakin hangat ketika dia membawakan 'Heaven and Earth'. Dibantu oleh Keiko Takahashi pada Synthesizer dan permainan biola dari Steven Kindler, Kitaro seolah ingin menunjukkan bahwa permainannya kali ini memang berbeda daripada sepuluh tahun lalu saat ia menggelar konser di Jakarta untuk pertama kalinya.

Seperti yang ia katakan saat jumpa pers, musisi yang piawai memainkan berbagai instrumen itu kembali membawakan lagu legendarisnya 'Matsuri'. Penonton yang sebagian berusia paruh baya pun bertepuk tangan, lagu ini memang salah satu karya Kitaro yang paling populer di tanah air.

"Kemarin Jepang baru saja terkena tsunami, saya tau kalian semua ikut berdoa untuk Jepang, saya sangat berterima kasih," ucapnya kemudian. Akhirnya, konser pun ditutup lewat irama 'The Light of the Spirit'.

Kitaro, dengan kesederhanannya mampu memberi nuansa berbeda lewat 11 karyanya yang ia bawakan dan membuai sejumlah penonton tersebut.

-

Arsip Blog

Recent Posts