Visit Indonesian Year 2008 belum Bergema di Daerah

Tanjungpinang, Kepri - Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) wilayah Sumatra menilai Visit Indonesian Year (VIY) 2008 belum bergema di daerah karena kurang disosialisasikan di kabupaten/kota.

Koordinator HPI wilayah Sumatra Sapril, Senin (11/2), menilai, VIY 2008 atau Tahun Kunjungan Indonesia 2008, belum terancang dengan baik, bahkan pelaku pariwisata banyak yang bertanya karena tidak memahami program tersebut.

"Bagaimana mungkin program itu bisa dilaksanakan di daerah jika pelaku-pelaku pariwisatanya sendiri banyak yang tidak paham," ujarnya kepada Antara di Tanjungpinang, ibu kota Provinsi Kepulauan Riau.

Seharusnya, kata dia, program sektor pariwisata 2008 itu disosialisasikan ke daerah-daerah sejak 2007.

Hingga sekarang pun belum nampak adanya promosi terhadap program tersebut.

"Seharusnya spanduk, brosur, gambar tempel dan pengumuman yang berkaitan dengan program tersebut dipasang jauh-jauh hari di tempat-tempat umum," katanya.

Waktu yang tersedia untuk pelaksanaan program tersebut tinggal 10 bulan. Kemungkinan pelaksanaannya kurang maksimal karena tidak disosialisasikan terlebih dahulu.

"Tujuan akhirnya itu untuk meningkatkan sadar wisata. Namun target dari program tersebut kemungkinan akan sulit terlaksana jika pelaku-pelakunya tidak cukup mengerti," katanya.

Ia mengaku sudah menanyakan program VIY 2008 kepada beberapa Kadis Pariwisata Kabupaten/Kota di Provinsi Kepri. Ada yang memahami program tersebut.

"Aneh kan, Kadis Pariwisata bisa sampai tak paham," katanya.

Sumber: http://www.mediaindonesia.com (12 Februari 2008)
-

Arsip Blog

Recent Posts