Warga Indonesia Peringkat Tiga Kunjungi Malaysia

Medan - Pelancong dari Indonesia menempati urutan ke tiga setelah Singapura dan Tahiland dalam melakukan kunjungan wisata ke Malaysia sepanjang tahun 2006.

Jumlah pelancong asal Indonesia tahun 2006 sebanyak 1,2 juta orang lebih dari total jumlah pelancong 17,25 juta orang lebih dengan total perolehan devisa 12 miliar dollar AS, ujar Menteri Pariwisata Malaysia, Datuk Seri Tengku Adnan Bin Tengku Mansor, dalam acara peluncuran Visit Malaysia Year 2007 di Medan, Kamis pekan lalu.

Usai acara kepada ANTARA, ia mengatakan, pelancong dari Indonesia umumnya sebagian besar melakukan wisata medis atau berobat ke RS-RS di Malaysia, berbelanja, pendidikan dan menikmati wisata alam negaranya.

Tahun ini pihaknya menargetkan peningkatan pelancong dari Indonesia mencapai dua juta orang, dari total 20 juta orang target kunjungan wisatawan mancanegara ke Malaysia, katanya.

Dengan biaya promosi seperti tahun lalu sebesar 60 juta dolar AS pihaknya tahun ini melakukan promosi di 10 negara dan menyiapkan 450 acara baik di bidang seni budaya, olahraga dan lainnya, karena pada tahun ini merupakan ulang tahun emas atau 50 tahun kemerdekaan Malaysia, tambahnya.

Pada acara itu, Menteri Malaysia itu mengharapkan agen perjalanan di Indonesia khususnya Sumut dapat menyiapkan paket-paket liburan dan cuti dengan sebaik mungkin sesuai jadwal acara yang diadakan.

Pada acara itu ia juga menyerahkan penghargaan kepada enam biro perjalanan wisata di Medan yang dianggap telah mempromosikan dan menjual pariwisata Malaysia dengan baik.

Sumber: Sinar Indonesia Baru (16 April 2007)
-

Arsip Blog

Recent Posts