Batik Khas Ternate Harus Dipromosikan

Ternate, Malut - Tenunan batik khas Ternate, Maluku Utara (Malut), harus tetap dipromosikan ke masyarakat melalui berbagai ajang, sehingga ciri khas daerah ini bisa dilihat melalui batik, kata pengamat ekonomi daerah itu, Irvan Umasugi SE, MM.

"Upaya memperkenalkan berbagai potensi yang dimiliki daerah ini, salah satunya melalui ajang promosi batik khas Ternate," ujarnya di Ternate, Minggu.

Menurut dia, pemerintah daerah (Pemda) Malut harus menggairahkan para pelaku ekonominya, dan senantiasa memanifestasikan berbagai upaya memperkenalkan batik khas Ternate dengan menggelar pameran beragam seni daerah ini melalui expo.

"Sehingga, bisa menginspirasi berbagai kalangan di daerah ini untuk tetap mengembangkan berbagai kekhasan yang dimiliki Malut," katanya.

Selain itu, ia menilai, kehadiran expo ini juga diharapkan bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi elemen masyarakat untuk mencintai produk lokal yang saat ini mulai dikembangkan.

Para pengelola selain memperkenalkan batik lokal khas Ternate, juga menyediakan batik Solo dan Yogyakarta, sehingga diharapkan batik yang dipromosikan ini bisa digunakan oleh masyarakat secara luas.

Sementara itu, Pemkot Ternate menyambut baik pameran maupun expo yang diselenggarakan oleh berbagai elemen masyarakat sebagai ajang promosi berbagai kekayaan lokal.

Kepala Bagian Hubungan Masyarakat (Kabag Humas) dan Protokoler Pemkot Ternate, Yusuf Sunya, ketika dikonfirmasi menyatakan, pihkanya sangat mendukung adanya promosi berbagai ciri khas Ternate, salah satunya batik Ternate.

"Kami akan kembangkan batik lokal khas Ternate tersebut, dengan meminta kepada para PNS di Pemkot Ternate untuk bisa digunakan saat berkantor di setiap hari Kamis," kata Yusuf Sunya.

-

Arsip Blog

Recent Posts