Depok Gelar Festival Seni Budaya Zona Melayu

Depok, Jabar - Pemerintah kota Depok menggelar festival seni budaya dan kirab seni budaya Provinsi Jawa Barat, zona Melayu Betawi tahun 2011, sebagai rangkaian memeperingati ulang tahun Kota Depok ke-12. Festival kali ini berbeda dengan sebelumnya karena kali ini merupakan rangkaian kegiatan dalam mengisi dan memeriahkan Hari Jadi ke-12 Kota Depok, kata Wali Kota Depok Nur Mahmudi Ismail, di Depok, Sabtu.

Dikatakan oleh Wali Kota Depok Nur Mahmudi Ismail, bahwa festival tahun ini merupakan suatu kebanggaan tersendiri bagi para pimpinan serta seniman dari kabupaten dan kota lain yang memiliki budaya Melayu Betawi karena dapat hadir dan memeriahkan Festival Seni Budaya di Kota Depok ini. Ia menjelaskan, festival seni budaya tahun ini dirangkaikan dengan kegiatan seni budaya Provinsi Jawa Barat antara lain meliputi kirab, tampilan seni budaya dan pameran.

Kirab dan tampilan seni budaya pada tahun ini diikuti 12 sanggar dari kabupaten dan kota lain dan 25 sanggar dari Kota Depok, dengan tujuan untuk melestarikan nilai-nilai seni budaya dan memberikan ruang bagi para seniman untuk mengekspresikan segala kemampuannya yang selama ini di bawah binaan Dinas Pariwisata Seni dan Budaya Kota Depok.

Ia berharap festival ini bisa mempererat tali persaudaraan kita dan dapat mempertahankan budaya khas Jawa Barat. Festival ini juga merupakan wujud dari eksistensi Kota Depok yang mampu bersaing dan mampu mempertahankan budaya lokal walaupun bersebelahan dengan ibu kota provinsi.

Sementara Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan mengatakan, Kota Depok telah mengukir banyak prestasi di Jawa Barat walaupun berada di perbatasan ibu kota propinsi. Depok merupakan kota yang maju karena kota pertama dengan IPM tertingi di Jawa Barat dan telah menyumbangkan banyak prestasi, ujarnya.

Gubernur mengharapkan festival ini bisa memjadi ajang untuk mempererat silaturahmi dan sebagai wadah dalam mempertahankan dan mengembangkan seni dan budaya Jawa Barat.

-

Arsip Blog

Recent Posts