Padang Gelar Festival Siti Nurbaya 2011

Padang - Dinas Pariwisata Padang akan mengelar iven Festival Siti Nurbaya 2011. Iven akan diselenggarakan 2-9 Juli 2011 mendatang. Dalam kegiatan ini, berbagai perlombaan akan digelar.
Kepala Dinas Pariwisata Kota Padang, Eddy Hasymi menyebutkan, iven ini sengaja menggunakan nama Siti Nurbaya. Sebab dengan mengunakan nama Siti Nurbaya, maka Padang akan dikenal hingga ke luar Indonesia. Sebab, selama ini, negara-negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura, telah mengenal nama Siti Nurbaya.

“Iven ini menjadi iven terbesar tahun ini,” ujar Eddy, usai sosialisasi festival di kantor Balai Kota, kemarin (16/5). Sosialisasi itu juga dihadiri oleh sastrawan Indonesia Taufiq Ismail dan beberapa seniman serta guru-guru SMP dan SMA se-Padang.

Dia juga menyebutkan, tahun lalu Dinas Pariwisata Padang juga pernah mengelar iven ini. Namun tidak mengunakan nama Siti Nurbaya. Selain itu, rangkaian perlombaan lebih sedikit dibanding tahun ini. “Namun untuk kali ini, Dinas Pariwisata Padang akan mengadakan banyak kegiatan. Terutama perlombaan terkait Siti Nurbaya, yaitu perlombaan pembacaan novel,” sebut Eddy.

Untuk lomba baca novel Siti Nurbaya, nama materi itu diambil dari cerita di novel Siti Nurbaya. Di antaranya, Samsul Bahri dan Siti Nurbaya berjalan-jalan ke Gunung Padang, Samsul Bahri yang akan merantau ke Jakarta mendapat firasat buruk dan berbalas pantun dalam surat cinta. “Materi itu akan diperankan oleh dua kelompok, yaitu kelompok SMP dan SMA, serta kelompok mahasiswa, umum, perguruan tinggi dan kelompok seni,” katanya.

Eddy menambahkan, dalam pembukaan nanti, akan didatangkan pula pemeran film Siti Nurbaya, yaitu Gusti Randa, Novia Kolopaking dan HIM Damsik. Sedang untuk penutupannya, juga dihadiri oleh artis lokal Padang. “Kegiatan tersebut juga didukung oleh Balai Pustaka,” bebernya. (di)

-

Arsip Blog

Recent Posts