Parade Baleganjur di TMII

Jakarta - Taman Mini Indonesia Indah menampilkan atraksi kebudayaan, Minggu (22/5/2011) siang. Kali ini giliran parade Baleganjur dipentaskan dengan berkeliling TMII. Baleganjur adalah perpaduan seperangkat alat musik tradisional Bali yang sifatnya masih sederhana. Alat musik itu antara lain ceng, gong, dan kendang. Baleganjur biasa dipentaskan oleh 20 orang.

"Parade keliling dari Pura Penataran Agung Kertha Bumi, TMII, sampai ke Tugu Api, lalu balik lagi ke Pura. Pokoknya keliling sekitar TMII untuk menarik pengunjung," ungkap salah satu pemain Baleganjur, Alit Surya Dharma, kepada Kompas.com. Ia menuturkan bahwa ini adalah kali pertama parade Baleganjur dilakukan di TMII.

"Ada rencana, parade ini akan dilakukan rutin. Juga nanti bergantian, tidak hanya budaya Bali, tapi gantian pertunjukan budaya-budaya lain," ucap Alit.

Alit dan para pemain Baleganjur tergabung dalam Sekehe (perkumpulan) Gong Wira Dharma dari Pura Penataran Agung Kertha Bumi, TMII. Menurut Alit, parade dimulai pukul 11.00 dan berlangsung selama dua jam.

Asisten Manajer Komunikasi dan Promosi TMII Gunawan Wibisono mengatakan bahwa pada hari yang sama, beberapa anjungan daerah juga menampilkan pentas kebudayaan. Salah satunya Anjungan Jawa Timur yang menampilkan pentas ketoprak. "Kalau di Anjungan Jawa Barat ada pameran produk Tasikmalaya. Di Anjungan Jawa Tengah ada pentas seni dari daerah Brebes," ungkapnya.

-

Arsip Blog

Recent Posts