Parade Budaya Lestarikan Adat Budaya Daerah Bangka

Sungailiat, Babel - Parade budaya yang diselenggarakan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bangka, Provinsi Bangka Belitung, Rabu (4/5/2011) bertujuan untuk menggali potensi kebudayaan adat tradisi yang ada di masyarakat.

"Apapun bentuknya kreasi seninya akan dilihat. Kalau memang cocok dengan budaya kita mengapa dibiarkan. Itu harus diangkat. Ini bagian dari pelestarian budaya kita," ungkap Kepala Disbudpar Kabupaten Bangka, Asep Setiawan kepada Bangkapos.com, Rabu (4/5/2011) di Rumah Dinas Bupati Bangka.

Diakuinya, kegiatan parade budaya dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun Kota Sungailiat ke 245 ini, diikuti sebanyak 40 kelompok dari kalangan pelajar, masyarakat umum dan sanggar seni.

"Kita coba angkat, ini dibiasakan dan ini bisa menjadi even," kata Asep.

Menurutnya, yang dilestarikan tidak hanya budaya di Bangka tetapi juga budaya daerah lain seperti Jawa, Madura, Batak, Minang, dan budaya daerah lainnya yang sudah melekat bersama budaya Bangka.

Selain itu juga para finalis Bujang Miak Kabupaten Bangka diarak dengan menggunakan kendaraan jeep melewati jalur parade budaya sepanjang jalan Jenderal Sudirman, start di depan Bank Sumsel hingga finish di depan Taman Makam Pahlawan Padma Satria Sungailiat.

-

Arsip Blog

Recent Posts