Pikat Wisman, Disbudpar Perbanyak Kalender Event

Makassar, Sulsel - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Sulsel, sudah menyiapkan kalender event untuk Visit South Sulawesi 2012 mendatang. Program dan event itu merupakan upaya untuk memikat wisatawan mancanegara (wisman) berkunjung ke Sulsel.

Demikian diungkapkan Kepala Disbudpar Sulsel, Suaib Mallombasi saat berkunjung ke PT Media Fajar, Selasa, 10 Mei. Suaib didampingi staf Disbudpar Sulsel, juga Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sulsel, Anggiat Sinaga, serta Ketua Association of the Indonesia Tours and Travel (Asita) Sulsel, Irham Ilyas. Mereka diterima Direktur Utama PT Media Fajar, H Syamsu Nur, Pimred/Direktur Produksi dan SDM Sukriansyah S Latief, Direktur Pemasaran Sahel Abdullah, dan jajaran manajemen PT Media Fajar.

Pada kesempatan tersebut, Suaib mengungkapkan, saat ini, sudah ada kurang lebih 20 kabupaten menyiapkan kalender event yang tidak terputus, sehingga para wisatawan yang berkunjung ke Sulsel, selalu disambut dengan event pariwisata.

Event yang dimaksud diantaranya, Festival Buttu Kabobong di Enrekang, Festival Cap Gomeh di Makassar, Maudu Lompoa di Takalar, Festival Ajjarang di Jeneponto, Festival Danau Matano di Lutim, Accerak Tasik di Palopo, Festival Danau Tempe di Wajo, Festival Sop Saudara di Pangkep, Festival Butterfly di Maros, Festival Pinisi di Bulukumba, Expedition Takabonerate di Selayar, Mariam Pasolo di Sinjai, Accerak Kalompoang di Gowa, Festival Losari di Makassar, dan Lovely Desember di Tana Toraja.

Pada kesempatan tersebut, Suaib meminta dukungan FAJAR untuk pemberitaan Visit South Sulawesi 2012. Disbudpar lanjut Suaib, sudah melakukan upaya promosi di luar negeri seperti Eropa, China, Hong Kong, Singapura, dan beberapa negara Asia lainnya. Di Indonesia, promosi dilakukan di Bali dan Cengkareng Jakarta. "Di Jakarta, kita pasang billboard senilai Rp1,8 miliar," ungkapnya.

Mengenai kesiapan kamar, Suaib mengaku masih kekurangan sekitar 1.000 kamar. Namun, pada 2012 mendatang sebut Suaib, kekurangan itu akan terpenuhi dengan beroperasinya beberapa hotel baru.

Hal itu juga diamini Ketua PHRI Sulsel, Anggiat Sinaga. Untuk mengantisipasi permintaan cinderamata, Disbudpar sebut Suaib, sudah menyiapkan lokasi di depan Fort Rotterdam.

-

Arsip Blog

Recent Posts