Presiden IAAPA Kagumi Taman Safari

Bogor, Jabar - Presiden International Association of Amusement Parks and Attractions (IAAPA) Robert S. Rippy, mengunjungi lembaga konservasi satwa ex-situ (di luar habitat) Taman Safari Indonesia Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, yang juga salah satu objek wisata nasional. "Kunjungan Presiden IAAPA itu telah dilangsungkan pada Rabu (27/4/2011) pekan lalu," kata Direktur Taman Safari Indonesia Frans Manansang di Cisarua, Senin (2/5/2011).

IAAPA adalah sebuah organisasi yang membawahi asosiasi berbagai taman wisata yang ada di berbagai belahan dunia, dan bermarkas di Amerika Serikat.

Menurut Frans Manansang, kedatangan Robert S. Rippy merupakan kunjungan yang pertama kalinya ke Taman Safari Indonesia Cisarua. "Robert merasa kagum terhadap keindahan alam Indonesia, khususnya di TSI yang telah melakukan kegiatan penghijauan sejak berdirinya objek wisata ini," katanya.

Selama berada di TSI Cisarua, Robert S. Rippy beserta rombongan yang didampingi oleh beberapa staf diajak untuk berkeliling di lokasi satwa. Rombongan kemudian juga sempat singgah sejenak di Rumah Sakit Satwa, khususnya di nursery room tempat perawatan bayi-bayi satwa. Kemudian, secara khusus juga diajak untuk melihat Pusat Penangkaran Harimau Sumatra (Panthera tegris sumatrae).

Sementara itu, menurut juru bicara TSI Cisarua, Yulius H Suprihardo, selain penangkaran, TSI Cisarua juga memiliki "bank sperma" bagi Harimau Sumatera, dengan tujuan untuk mencegah ancaman kepunahan dan menghasilkan mutu genetis yang bagus. "Ini dilakukan, agar kelak anak cucu kita masih dapat melihat seperti apa rupa Harimau Sumatera itu sebenarnya," katanya.

Yulius menambahkan, bagi masyarakat luas juga bisa melihat tingkah polah Harimau Sumatra dan kebiasaan mereka di habitat aslinya melalui program "Educational Show" Panggung Singa Macan setiap hari di area rekreasi TSI Cisarua. "Jadi, melalui program itu dipadukan antara sisi pendidikan konservasi dan juga hiburannya," katanya Yulius.

Sebelum mengakiri perjalanannya, Robert S Rippy memberikan pesan dan kesan. "Saya harus menyatakan bahwa TSI Cisarua adalah sebuah taman yang mengagumkan. Dengan design landscape yang sangat cantik. Tidak seperti yang saya bayangkan sebelumnya. Begitu juga atraksi satwanya sangat terlihat alami. Saya dapat merekomendasikan semua yang ke Jakarta, agar sewaktu-waktu harus berkunjung ke Taman Safari Indonesia," kata Robert seperti dikutip Frans Manangsang.

-

Arsip Blog

Recent Posts