Masyarakat Kroasia Terpana Lihat Tarian Aceh

London, Inggris - Kedutaan Besar RI di Zagreb menggelar malam Kebudayaan Indonesia dengan menampilkan sanggar tari 'Cut Nyak Dhien' dari Aceh di gedung konser Vatroslav Lisinski, Zagreb, baru-baru ini.

Malam Kebudayaan Indonesia itu dihadiri sekitar 200 undangan terdiri atas pejabat pemerintah, para duta besar, kalangan budayawan, dan masyarakat umum serta masyarakat Indonesia yang berada di Zagreb, kata Sekretaris Tiga KBRI di Zagreb, Syafran Haris kepada Antara London, Rabu (29/6).

Syafran menyebutkan, berbagai tari-tarian yang disajikan oleh Sanggar 'Cut Nyak Dhien' seperti tari Rapa'i Geleng, Saman Gayo dan Rampoe Aceh yang sangat dinamis, enerjik, menonjolkan aspek kerjasama yang rapi dan padu/kompak. Seorang penonton bernama Ina Bobnjaric dari Ansambel Tari Rakyat Kroasia (LADO) mengatakan belum pernah ada pertunjukan budaya dari negara Asia di Zagreb dengan jumlah penari dan pemusik demikian besar dan sebagus itu.

Selain sebagai kegiatan promosi kebudayaan Indonesia, malam kebudayaan tersebut sekaligus sebagai perayaan menyambut dibukanya Kedutaan Besar RI di Kroasia November tahun lalu. Kuasa Usaha Sementara Simson Ginting mengatakan keyakinannya dengan dibukanya Kedutaan Besar Indonesia di Kroasia hubungan kerja sama antara kedua negara akan lebih meningkat lagi.

Nilai perdagangan antara Indonesia-Kroasia dari 2006-2010 mengalami peningkatan lebih dari 25 persen setiap tahun, namun jumlah tersebut masih di bawah potensi yang dimiliki oleh kedua negara. Masih banyak terdapat peluang untuk meningkatkannya.

Selain itu juga ditampilkan kebudayaan Aceh dalam malam kebudayaan Indonesia yang mencerminkan keindahan dan keunikan kebudayaan Aceh, sekaligus memperlihatkan kekayaan dan keragaman kebudayaan Indonesia dengan masyarakatnya yang majemuk namun hidup harmonis.

-

Arsip Blog

Recent Posts