12 Negara Siap Bersaing di Kite Festival Pangandaran

Bandung, Jabar - Para pelayang baik dari dalam maupun luar negeri akan bersaing dalam Pangandaran Internasional Kite Festival 2011, 16-17 Juli. Ada 12 negara yang mengirimkan timnya untuk bertanding. Total ada 46 klub yang akan ambil bagian dalam festival layang-layang tersebut.

Dari Indonesia, ada 34 klub yang bakal mengikuti kegiatan itu. Sementara dari luar negeri ada 12 klub dari 12 negara. Mereka masing-masing berasal dari Jepang, Malaysia, Cina, Singapura, Vietnam, India, USA, Taiwan, Thailand, Kamboja, Selandia Baru, dan Filipina.

Total, ada sekitar 250 orang yang akan terlibat. Mr Peter Lynn (Selandia Baru) serta Mr dan Mrs Ohasi (Jepang) yang merupakan juara dunia direncanakan akan ikut ambil bagian di acara yang bakal dibuka Gubernur Jabar Ahmad Heryawan itu.

"Ada berbagai kategori yang dilombakan dalam Pangandaran International Kite Festival ini," kata Kabid Pariwisata Disparbud Jabar Agus Saputra, Jumat (15/7/2011).

Kategori yang dilombakan di antaranya kompetisi 2D-3D, rokaku, trend, traditional and sport. Selain festival layang-layang, di lokasi juga bakal ada pagelaran wayang golek dengan rampak dalang, serta ada international kite festival photo essay contest bagi wartawan foto.

"Ada juga acara hiburan dalam kemasan pesta rakyat," ungkapnya.

Dijelaskan Agus, kite festival merupakan program tahunan Disparbud Jabar. Sementara pelaksananya yakni PT Tambatan Hati bekerjasama dengan Art Kite Club Indonesia, Kompepar Pangandaran dan Perlaci (Persatuan Pelayang Ciamis).

Sementara alasan diselenggarakannya di Pangandaran adalah untuk menarik minat wisatawan lokal maupun asing agar datang ke Pangandaran.

-

Arsip Blog

Recent Posts