48 Maestro Seni Raih Anugerah Kebudayaan 2011

Jakarta - Sedikitnya 48 orang maestro seni tradisi dan 18 orang menerima Anugerah Kebudayaan Tahun 2011 untuk kategori Anugerah Seni, Pelestari dan Pengembang Warisan Budaya, serta bagi pelajar yang berdedikasi terhadap Kebudayaan. Menbudpar Jero Wacik menyerahkan langsung penghargaan itu kepada para maestro seni di Gedung Sapta Pesona kantor Kementerian Budpar Jakarta, hari ini.

"Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai para pahlawannya dan bangsa yang berbudaya tinggi adalah bangsa yang menghargai jasa-jasa budayawannya," kata Jero Wacik hari ini.

Menurut Menbudpar, yang disebut para pahlawan bukan yang berjuang dalam mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia saja, tetapi juga para tokoh yang telah berjasa dalam bidang kebudayaan, pendidikan, pembangunan, perekonomian, maupun bidang lainnya.

Para maestro seni tradisi adalah pahlawan bidang kebudayaan, karena mereka telah berjasa dalam mewariskan pengetahuan dan ketrampilan dan ilmu yang berakar pada nilai-nilai luhur budaya bangsa Indonesia kepada generasi muda. Pekerja seni itu mengabdikan kehidupannya demi pelestarian dan pengembangan warisan budaya sehingga seni tradisi tersebut diharapkan tidak mengalami kepunahan.

Kemenbudpar sejak 2007 hingga 2011 telah memberikan penghargaan kepada 48 orang maestro seni tradisi dari berbagai daerah di tanah air.

-

Arsip Blog

Recent Posts