9 Tari Kolosal Meriahkan Festival Seni

Yogyakarta - Sebanyak sembilan tarian kolosal tampil dalam Festival Kesenian Tradisional OMK Rayon Kulon Progo, Minggu (24/7/2011) di Lapangan Sepace, Desa Banjarharjo, Kalibawang, Kulon Progo. Tarian-tarian dalam festival bertema "Saiyeg Saeka Kapti Memetri Rukuning Sesami" ini mengisahkan beberapa sejarah serta epos budaya Jawa, seperti Ajisaka, Sendratari Nyi Ageng Serang, dan Bima Suci.

Koordinator Panitia Festival Kesenian Tradisional OMK Rayon Kulon Progo Yohanes Advent Tody mengatakan, festival kesenian tradisional yang sudah digelar dua tahun berturut-turut memberikan nilai positif bagi para kaum muda, seperti penciptaan ruang interaksi serta pemeliharaan tradisi dan budaya lokal. "Kami tak punya apa-apa selain membangun persaudaraan melalui seni dan budaya tradisional," kata Advent, Minggu di Lapangan Sepace, Banjarharjo, Kalibawang, Kulon Progo.

Dalam festival ini, masing-masing kelompok yang berasal dari wilayah Kulon Progo dan sekitarnya tak hanya sekadar menampilkan kesenian tradisional, tetapi di dalamnya harus memuat berbagai macam petuah serta tuntunan hidup. Dengan demikian, selain menjadi wahana pelestarian budaya, kegiatan ini juga dapat menjadi sarana pembelajaran kaum muda.

-

Arsip Blog

Recent Posts