Angklung Semakin Mendunia

Washington, AS - Hampir sekitar 5.000 peserta bermain angklung bersama di National Mall, Washington DC, Amerika Serika, baru-baru ini. Acara ini tercatat dalam Guiness Book of Record sebagai permainan angklung dengan peserta multinasional terbanyak di dunia.

Peserta dalam acara Festival Indonesia ini datang dari berbagai belahan dunia. Tua muda, kecil besar, dan hitam putih, semua berbaur bersama bermain angklung. Setelah berlatih angklung 30 menit, peserta memainkan lagu We Are The World yang pernah dipopulerkan Michael Jackson.

Permainan angklung ini dipimpin oleh Daeng Oktafiandi Udjo dari Saung Angklung Udjo, Bandung, Jawa Barat. Dubes Indonesia untuk Amerika Serikat Dino Patti Djalal mengatakan antusias baik warga Indonesia yang di AS maupun warga AS sendiri sangat tinggi terhadap angklung.

Angklung, alat musik bambu asal Jawa Barat ini memang unik. Sebagai warisan budaya dunia yang telah disahkan Badan Kebudayaan Dunia (Unesco), angklung kini semakin mendunia. Pada Mei lalu, permainan musik angklung membuat kagum warga Kota Ghent, Belgia.

-

Arsip Blog

Recent Posts