Disbudpar Babel Siapkan Rumah Singgah

Pangkalpinang, Babel - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Bangka Belitung (Babel), menyiapkan rumah singgah untuk wisatawan yang akan menyaksikan Sail Wakatobi Belitong 2011 pada 5 sampai 12 Oktober 2011. "Persiapan penyediaan rumah singgah tersebut untuk mengantisipasi kemungkinan membludaknya jumlah wisatawan yang hadir dalam kegiatan tersebut," ujar Kepala Disbudpar Babel, Yan Megawandi di Pangkal Pinang, Selasa (26/7/2011).

Untuk rumah singgah, menurut Yan, saat ini sudah ada beberapa rumah yang siap dan sudah biasa menjadi tempat menginap para wisatawan yang hadir ke Pulau Belitung.

Para pemilik rumah singgah di daerah itu juga sudah dibekali dengan pendidikan bahasa Inggris dengan bimbingan dari pemda setempat untuk memperlancar komunikasi dengan wisatawan mancanegara. "Ada beberapa rumah yang sudah siap, seperti yang terdapat di Desa Sijuk, Belitung Timur yang selama ini sudah terbiasa menerima wisatawan menginap di rumah mereka," katanya.

Selain itu, lanjut Yan, Disbudpar juga sedang melobi para pejabat dan mantan pejabat daerah tersebut untuk rela menyediakan rumah tinggal mereka untuk dijadikan rumah singgah.

Ia menjelaskan, rumah para pejabat dipandang layak untuk dijadikan rumah singgah bagi para tamu yang hadir karena memiliki fasilitas yang mendukung dan dari segi kebersihan pasti terjaga dengan baik.

Rangkaian kegiatan Sail Wakatobi Belitong 2011 di Babel akan dibagi menjadi dua yaitu di Pulau Belitung menjadi tuan rumah kegiatan outdoor dan di Pulau Bangka menjadi pusat kegiatan indoor.

Adapun kegiatan bertaraf internasional yang akan digelar di Pulau Belitung seperti Rally Kapal Pesiar dan Kapal Layar, pemecahan rekor dunia Catur dalam Laut, Tournament Voli Pantai Internasional, Singapore - Belitong Cruise, gerakan "Ayo Tanam Rumput Laut", penangkaran penyu, lomba mancing.

Selanjutnya, lomba layar kapal phinisi, penanaman terumbu karang, operasi bhakti kesehatan surya baskara jaya, lintas nusantara remaja dan pemuda bahari, lomba renang Selat Gaspar, gerakan bersih pantai, kejurnas perahu kater dan layar sandek dan lomba triathlon.

Sementara di Pulau Bangka akan digelar pameran potensi Babel, pelatihan layar dan selam remaja, agrowisata perkebunan lada, seminar Internasional Marine Ecotourism dan beberapa seminar lainnya.

Yan mengatakan, disiapkannya rumah singgah tersebut untuk mengantisipasi jika hotel-hotel yang tersedia tidak mencukupi menampung para wisatawan yang hadir.

Selain itu, Disbudpar Babel juga sedang melobi beberapa kapal yang menyediakan kamar-kamar untuk dijadikan hotel terapung sebagai alternatif jika pengunjung melebihi kapasitas hotel yang tersedia. "Ada beberapa kapal yang sudah kami hubungi dan menyatakan kesanggupannya untuk membantu kelancaran kegiatan yang bertaraf internasional tersebut," katanya.

Yan mengharapkan, dengan penyediaan rumah singgah dan hotel terapung tersebut diharapkan dapat memberikan kenyamanan pelayanan kepada seluruh wisatawan yang menghadiri kegiatan Sail Wakatobi Belitong 2011. "Dengan pelayanan yang memuaskan kepada wisatawan diharapkan mereka mau mempromosikan dan datang lagi ke Pulau Belitung yang sudah menjadi salah satu destinasi pariwisata nasional," katanya.

-

Arsip Blog

Recent Posts